Aturan Pakai Toilet Umum agar Tak Tertular COVID-19

Ilustrasi toilet.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Menghadapi pandemi virus corona atau COVID-19, kini secara perlahan tempat-tempat umum sudah mulai dibuka, yang berarti semakin banyak orang akan berada di ruang publik. Hal ini juga berarti, kamu mungkin harus menggunakan toilet umum.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Tetapi pertanyaannya, apakah aman menggunakan toilet umum selama pandemi ini? Bisakah kita tertular COVID-19 saat menggunakannya?  Ya, sebuah penelitian menyatakan ketika kita menyiram toilet, itu dapat menciptakan tetesan aerosol yang mencapai ketinggian sekitar tiga kaki, demikian menurut Times of India

Hal ini bisa jadi masalah, karena virus mematikan ini bisa mengendap di udara lebih lama dari yang kamu bayangkan. Dan pengguna toilet berikutnya, dapat menghirupnya atau mendarat di permukaan toilet. Jika tetesan-tetesan ini membawa partikel virus yang menular, itu dapat meningkatkan risiko penyebaran virus.  

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Para peneliti menemukan bahwa ketika air mengalir, itu bisa menciptakan pusaran dan menyebabkan gangguan pada aliran udara. Ini kemudian dapat menyebabkan gaya sentrifugal yang mendorong banyak percikan kecil dan partikel aerosol ke udara. 

Virus corona lebih cenderung menempel pada sel-sel di paru-paru dan saluran pernapasan atas, tetapi juga menargetkan usus kecil yang pada akhirnya menyebabkan mual, muntah dan diare bersamaan, dengan gejala COVID-19 lainnya. Tidak ada penelitian yang membahas tentang bagaimana infeksi virus di aerosol atau melihat aerosol toilet dalam situasi nyata. 

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Disarankan untuk menutup toilet sebelum menyiram untuk melindungi orang berikutnya yang juga menggunakan toilet. Akan selalu ada risiko setiap saat, menjaga kebersihan dan mengambil tindakan pencegahan yang diperlukan agar kamu aman dan orang lain juga aman. 

Kamu bisa membawa hand sanitizer jika sering bepergian atau keluar rumah lebih lama. Tapi jika menemukan air, akan lebih baik untuk memilih mencuci tangan.

Bawa juga sarung tangan sekali pakai dan satu bungkus tisu. Ingat, jangan pernah melangkah ke tempat umum tanpa mengenakan masker, terutama di toilet umum. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya