Bukan Hanya Suplemen, Tingkatkan Imunitas Juga Butuh 3 Hal Ini

Ilustrasi vitamin/obat.
Sumber :
  • Freepik/freepik

VIVA – Sejak kemunculan virus corona atau COVID-19, ada peningkatan tajam penjualan suplemen dan vitamin C yang diklaim dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Karena belum ada obat yang pasti untuk COVID-19, banyak orang berlomba-lomba mengonsumsi pil tersebut agar terhindar dari COVID-19. 

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Namun, ada hal yang tidak disadari. Sistem kerja kekebalan tubuh kita jauh lebih kompleks daripada hanya sekadar meminum vitamin atau suplemen untuk menjaganya. 

Sebelum mengonsumsi suplemen, penting untuk memhami bahwa sistem kekebalan adalah jaringan kompleks yang terdiri dari antibodi, sel, bahan kimia, dan organ yang memainkan peran penting dalam menangkal patogen dan melawan segala jenis infeksi yang mengancam tubuh. Ini bekerja dengan mengidentifikasi 'penjajah asing' dan mengeluarkannya dari tubuh. 

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Baca Juga: Bendera Partai Dibakar Pendemo Tolak RUU HIP, PDIP Tempuh Jalur Hukum

Karena cara kerja sistem kekebalan tubuh kita tidak sepenuhnya linier, untuk meningkatkannya membutuhkan lebih dari sekadar mengonsumsi suplemen atau vitamin. Berikut tiga cara yang dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh, dikutip dari Times of India

PM Singapura Lee Hsien Loong Mundur dari Jabatan, Ini Sosok Penggantinya

Memperbaiki siklus tidur
Membangun imunitas sebenarnya bermuara dari cara tidur, olahraga dan menjalani gaya hidup bebas stres. Jadi, langkah pertama, pastikan kamu tidur nyenyak 6 - 7 jam setiap malam dan bangun dengan perasaan segar. 

Jika siklus tidur kacau, pastikan untuk mendapatkan kualitas tidur yang benar pada akhir pekan dan dapatkan cahaya setidaknya 30 menit setiap pagi untuk memperbaiki ritme sirkadian kamu. Menurut sebuah penelitian, jika kamu menghitung 4 jam tidur bahkan hanya untuk satu hari, sel-sel pembuluh alami (NK) tubuh akan turun sebesar 70 persen. 

Atasi stres
Ketika kita stres, tubuh akan melepaskan kortisol untuk mempersiapkan kamu menghadapi pertarungan ini. Peningkatan jumlah stres menyebabkan peningkatan aktivitas inflamasi yang juga tidak baik untuk kesehatan. Akibatnya, sistem kekebalan tubuh akan menurun dan kemampuannya untuk melawan patogen akan berkurang. 

Pada hari-hari di mana kamu sudah tidak bisa mengatasi pekerjaanmu, cobalah untuk menulis atau membuat daftar yang menjadi prioritas teratas dan perlu segera dilakukan. Jangan mencoba melakukan semuanya sekaligus dan membagi pekerjaan kamu sesuai dengan list yang kamu buat.  

Pendekatan alternatif lain adalah tetap berpikir positif, setiap kali pikiranmu mulai mengarah ke situasi negatif yang mungkin terjadi di masa depan. 

Olahraga yang sesuai
Melakukan olahraga ekstrem yang tidak sesuai malah akan merusak sistem kekebalan tubuh kamu. Inilah sebabnya sangat penting untuk memilih jenis olahraga yang sesuai. Jika kamu merasa cukup istirahat dan sedang berenergi, kamu bisa berolahraga sedikit lebih banyak dari biasanya.

Tetapi, jika kamu sudah merasa lelah, kamu harus memilih olahraga dengan intensitas ringan. Ingat, semuanya berujung pada konsistensi dan keseimbangan jika berbicara mengenai manfaat olahraga dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. 
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya