5 Langkah Peregangan untuk Redakan Pegal Saat WFH

Ilustrasi melakukan peregangan badan setelah duduk lama
Sumber :

VIVA – Peregangan seringkali dianggap hal sepele saat tubuh sedang mengalami pegal. Padahal, peregangan sangat krusial dan mampu membantu tubuh untuk kembali bugar saat otot dan sendi mulai terasa kaku.

COVID-19 di Jakarta Naik Lagi, Total Ada 365 Kasus

Work from home (WFH) membuat sebagian orang mengeluhkan tubuh yang pegal. Posisi yang buruk saat bekerja dianggap menjadi faktor pemicu utama yang membuat otot menegang.

Untuk meredakannya, peregangan perlu dilakukan di sela-sela waktu bekerja. Dianjurkan, setiap 1-2 jam untuk memulai peregangan sederhana dan singkat.

Kasus COVID-19 di DKI Jakarta Naik Sejak November 2023

Penasaran bagaimana tahapan peregangannya? Berikut langkah-langkahnya berdasarkan paparan dokter spesialis kedokteran fisik dan rehabilitas, dr. Ibrahim Agung, Sp.KFR., dalam acara Hidup Sehat, tvOne, Kamis, 25 Juni 2020.

Kepala menunduk dan mendongak

Pakar Imbau, Waspadai Pandemi Disease X, Mematikan Dibanding COVID-19

Biarkan kepala menunduk dan tekan dengan tangan di belakang kepala. Berhenti saat leher mulai terasa tak nyaman. Lalu ubah gaya kepala menjadi mendongak ke atas. Ulangi hingga 10 kali.

Kepala tengok kanan dan kiri

Menengok ke kanan dan ke kiri sangat penting agar bahu tak menegang lagi. Menengok ke kanan lalu tahan dan lakukan hal yang sama ke arah kiri. 

Patahkan kepala ke kanan dan kiri

Patahkan kepala ke kanan sampài terasa sedikit sensasi tidak nyaman lalu angkat. Kemudian lanjut patahkan ke kiri sampai terasa hal yang sama. Ulangi hingga leher mulai terasa rileks.

Tangan diluruskan

Angkat kedua tangan lalu luruskan ke depan dan tahan hingga 10 detik. Posisi ini sangat baik untuk membuat otot dan sendi bahu menjadi lebih rileks.

Tekuk lutut

Dengan posisi berdiri, angkat salah satu kaki sambil menekuk lutut. Tahan. Kemudian ulangi di kaki sebelahnya lagi. Ulangi hingga 10 kali.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya