Diduga Picu Wabah Listeria, Ini 5 Fakta Jamur Enoki

Jamur enoki.
Sumber :
  • Freepik/Jannoon028

VIVA – Jamur enoki tengah viral karena dianggap berbahaya dan beracun hingga memicu wabah listeria. Sebanyak 36 pasien mengalami penyakit listeria yang diduga setelah mengonsumsi jamur itu.

Wabah Listeria di Amerika Serikat, CDC Imbau Tak Asal Konsumsi Jamur Enoki

Jamur enoki adalah jamur panjang, tipis, dan putih, yang secara tradisional digunakan dalam masakan Asia Timur, dan biasanya dijual dalam jumlah banyak. Jamur enoki juga disebut dengan nama tradisional lainnya, enokitake, jarum emas, futu, atau jamur lily.

Rasanya yang lezat dan dianggap bergizi membuat banyak orang menyukainya. Namun, jamur ini disebut telah terkontaminasi bakteri yang memicu wabah penyakit.

Pemicu Wabah Listeria, Jamur Enoki Ternyata Bergizi Tinggi

Berikut lima fakta wabah listeria yang diduga akibat jamur enoki, dilansir dari laman Food Poison News, Kamis, 25 Juni 2020.

Kasus pertama di bulan Maret 2020

Kementan Minta Seluruh Jamur Enoki di RI Dimusnahkan, Ini Alasannya

Jamur enoki yang diproduksi oleh Green Co, LTD. pertama kali mulai dicurigai ketika memicu beberapa orang jatuh sakit pada awal Maret 2020. Setelah berbagai sampel dikumpulkan oleh departemen kesehatan lokal dan negara bagian untuk pengujian keamanan makanan, beberapa dari mereka dipastikan terkontaminasi dengan listeria monocytogenes

Menyebabkan 4 kematian

Wabah listeria jamur enoki ini berpengaruh pada lebih dari puluhan jiwa, menyebabkan 36 orang jatuh sakit, 31 di antaranya dirawat di rumah sakit, dan 4 kematian akibatnya. Ada pun listeriosis adalah penyakit serius yang disebabkan oleh konsumsi makanan atau minuman yang telah terkontaminasi dengan jenis bakteri yang dikenal sebagai listeria monocytogenes. 

Menyerang kelompok imunitas rendah

Listeriosis menyebabkan bahaya paling besar bagi mereka yang sistem kekebalan tubuhnya lemah. Jarang bagi orang yang sehat dengan imunitas kuat mengalami serangan listeriosis yang parah.

Sementara wanita hamil yang terkena listeriosis umumnya akan mengalami gejala ringan. Namun, infeksi dapat menjadi invasif dan menyerang janin di dalam kandungan, sehingga seringkali menyebabkan keguguran.

Diproduksi di Korea

Karena itu, FDA dan CDC telah mengumumkan bahwa semua jamur enoki yang diproduksi sebelumnya dari Green Co, LTD. Republik Korea sekarang tidak lagi tersedia untuk dibeli. Sehingga saat ini, mereka telah menyatakan wabah secara resmi berakhir.

Setelah kontaminasi ditemukan, penarikan produk diterbitkan oleh berbagai pemasok toko grosir dan eceran yang menjual jamur enoki yang bersangkutan. Pemasok toko kelontong dan toko ritel termasuk, Sun Hong Foods, Inc., Guan's Mushroom Co., dan H&C Food, Inc., turut menarik produknya.

Investigasi dihentikan

Administrasi Makanan dan Obat-obatan (FDA) dan Pusat Pengendalian Penyakit (CDC) mengumumkan penutupan resmi penyelidikan wabah listeria jamur enoki pada hari Selasa, 9 Juni 2020. Setelah penyelidikan yang luas, wabah listeria multistate telah dikaitkan dengan Green Co, Ltd. Republik Korea.

Namun demikian, orang-orang didorong untuk terus berhati-hati dengan membersihkan setiap permukaan yang mungkin bersentuhan dengan produk jamur enoki itu, karena listeria monocytogenes dapat bertahan dalam suhu dingin untuk waktu yang lama.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya