Agar Tak Tertular COVID-19, Hindari 5 Kesalahan Ini saat Keluar Rumah

Ilustrasi virus corona/COVID-19.
Sumber :
  • Freepik/freepik

VIVA – Bepergian keluar saat pandemi virus corona atau COVID-19 seperti sekarang ini, tentu tidak aman dan berisiko. Alangkah lebih baik, jika kita bepergian hanya untuk hal-hal penting saja. 

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Berikut ini ada lima daftar yang bisa melipatgandakan risiko kamu tertular virus corona. Jadi, pada saat melangkah keluar rumah, pastikan untuk memeriksa petunjuk yang disebutkan di bawah ini, dilansir dari Times of India

Keluar tanpa masker, hand sanitizer dan tisu
Meski kamu keluar hanya sebentar, mengenakan masker saat kamu melangkah keluar rumah adalah hal wajib. Para ahli masih belum bisa memprediksi berapa lama virus corona tetap berada di udara dan kamu tidak pernah tahu siapa yang kamu temui di luar rumah. 

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Sesuai anjuran Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), disarankan juga untuk membawa hand sanitizer berbasis alkohol minimal 60 persen dan tisu, jika kamu berencana untuk keluar rumah. 

Berasumsi virus sudah hilang
Penting untuk dipahami bahwa meski sudah terjadi pelonggaran PSBB, itu tidak berarti virus ini tidak lagi menjadi ancaman. Oleh karena itu, penting untuk mempraktikkan semua tindakan, termasuk menjaga jarak dan menerapkan semua tindakan pencegahan yang diperlukan setiap kali kamu keluar rumah. 

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Kalap berbelanja 
Ekonomi di seluruh dunia terpukul akibat pandemi ini. Jadi, berlatihlah menahan diri untuk membeli semua yang kamu inginkan. Selama pandemi, prioritas pertama kamu haruslah aman secara finansial sehingga ada cadangan untuk biaya medis. Kamu harus menetapkan batas untuk kesenanganmu setiap bulan, dengan mengingat pengeluaran utama yang lain. 

Tidak berhati-hati menyentuh benda-benda di luar ruangan
Ketika pelonggaran diberikan, orang-orang melangkah keluar dan banyak yang berpikir mereka sudah hidup dengan normal seperti dulu. Sekarang, kita harus berhati-hati dengan apapun yang kita sentuh di tempat umum. Karena semakin banyak orang yang kembali bekerja, sekarang bukan saatnya untuk iseng menyentuh permukaan di tempat-tempat umum. 

Berhenti membaca berita tentang COVID-19
Membaca berita tentang jumlah kasus positif yang terus bertambah dan jumlah orang yang meninggal karena virus ini memang mengganggu. Namun, kamu harus tetap mengetahui berita terbaru untuk melindungi diri kamu. Tak perlu mengaksesnya 24 jam, luangkanlah waktu setiap hari untuk mengetahui pembaruan tentang COVID-19, meski pelonggaran telah dijalankan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya