Tes Antibodi Efektif Deteksi COVID-19 Jika Dipakai di Waktu Tepat

Rapid test Virus Corona.
Sumber :
  • pixabay

VIVA – Dari sebagian besar ulasan mengenai tes virus corona yang ada hingga saat in, sejumlah ilmuwan menemukan bahwa pengaturan waktu untuk tes antibodi COVID-19 penting untuk mendeteksi infeksi pada pasien.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Para peneliti mempelajari semua bukti tes keakuratan yang tersedia untuk tes antibodi yang dipublikasi hingga akhir April. Dengan mengombinasikan data dari banyak studi, mereka menunjukkan bahwa tes tersebut tidak cukup akurat untuk memastikan apakah seseorang memiliki virus COVID-19 jika digunakan untuk dua minggu pertama setelah gejala muncul

Dilansir dari laman Times of India, para peneliti menemukan bahwa tes-tes tersebut kemungkinan hanya berguna dalam mendeteksi infeksi SARS-CoV-2 sebelumnya jika digunakan sedikitnya 14 hari setelah muncul gejala. Tapi, studi itu menunjukkan bahwa tes itu akan melewatkan 1 dalam 10 kasus COVID-19.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Baca juga: Kabar Baik, Sel Kekebalan Penyerang COVID-19 Berhasil Diindentifikasi

Namun, mereka berhati-hati atas ketergantungan pada data ini, karena studinya kecil, dilaporkan secara buruk dan dilakukan pada kelompok pasien yang dipilih.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Para peneliti juga takut keakuratan akan lebih rendah saat tes digunakan dalam komunitas, karena tes sebagian besar dievaluasi dalam pasien yang dirawat di rumah sakit. Itu membuatnya tidak jelas apakah tes bisa mendeteksi kadar antibodi yang lebih rendah yang terkait dengan penyakit COVID-19 asimtomatik atau gejala lebih ringan.

Peningkatan jumlah kasus COVID-19 setiap hari yang kian cepat sangat membutuhkan peran kunci dalam deteksi awal melalui testing yang cepat baik melalui antibody rapid test maupun RT-PCR test. Deteksi dini ini memungkinkan pemberian perawatan tepat waktu, khususnya pada titik awal serangan COVID-19, sebelum serangan dashyat terjadi terhadap paru-paru. Pada akhirnya, deteksi dini dan tepat waktu akan meningkatkan angka kesembuhan dan mengurangi angka kematian.

Dengan semangat solidaritas kebersamaan melawan COVID-19, kelompok RS Siloam bersama PT Link Net Tbk dengan brand First Media berkolaborasi memberikan donasi berupa 1.000 rapid test kit kepada Pemkab Tangerang. Managing Director Siloam Hospitals Group dr. Grace Frelita dan Deputy CEO & Chief Operations Officer PT Link Net Tbk Victor Indajang menyerahkan donasi tersebut secara langsung kepada Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar, B.Bus., SE., M.Si.

"Kunci dari upaya melawan COVID-19 adalah testing dengan cepat, luas, dan efektif. Dengan demikian bisa diambil keputusan tepat waktu untuk mengisolasi dan merawat pasien, serta dengan cepat melakukan kontak tracing untuk menurunkan dan memutuskan rasio penularan. Akibatnya juga lebih menjamin keselamatan dan keamanan para dokter, perawat dan pekerja medis di rumah sakit dan fasilitas kesehatan," ujar dokter Grace dalam dalam siaran pers.

Sementara itu, Ahmed Zaki mengatakan bahwa secara random setiap dua minggu sekali pihaknya aktif melakukan rapid test di pasar-pasar tradisional guna memutus rantai penyebaran COVID-19.
 
“Selain itu laboratorium RS Siloam juga mendukung dorongan pemerintah meningkatkan kapasitas RT-PCR (Real Time Polymerase Chain Reaction) Testing dengan menjalankan empat mesin PCR melakukan testing 500 pasien per hari dengan tujuan utama melakukan pengujian terhadap para dokter, perawat, dan pekerja medis di lapangan,” tambah dokter Grace.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya