Tren Gowes, Pilihan Sepeda Ini Cocok untuk Pemula

Presiden Joko Widodo menyapa warga ketika bersepeda
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

VIVA – Tren bersepeda alias gowes nampaknya kian digemari oleh masyarakat luas di Ibu Kota Jakarta. Banyak yang ingin berolahraga dengan sepeda, namun sebagian besar masih bingung memilih jenis yang tepat bagi pemula.

Gowes Seru Sambil Berbagi, Penggiat Sepeda Lipat Beri Serangkai Manfaat

Menurut Dokter Spesial Kedokteran Olahraga, dr. Grace Joselin SpKO, sepeda lipat sangat pas untuk digunakan oleh para pemula. Dengan bentuknya yang khas, sepeda lipat membuat para pemula bisa merasa nyaman saat bersepeda.

"Untuk bawa ke mobil atau naik kereta bisa pakai sepeda lipat. Untuk pemula juga posturnya jadi tidak terlalu nunduk, karena saat bersepeda butuh kestabilan dan fleksibilitas," ujar Grace dalam acara Hidup Sehat, tvOne, Kamis 2 Juli 2020.

Rayakan 50 Tahun Indomie, Ratusan Peserta Gowes Ramaikan GOCAPAN Indomie

Manfaat lainnya, sepeda ini cocok digunakan di jalan raya yang lurus dan landai. Untuk itu, kata dokter Grace, intensitasnya tak bisa terlalu tinggi, yang mana sangat pas untuk mengatur pernafasan bagi para pemula khususnya saat situasi Pandemi COVID-19 ini.

"Bisa buat santai di jalan raya. Kecepatan intensitasnya ringan dan sedang agar masih aman bernapas saat pakai masker," tuturnya.

Aksi Siswa SMP di Cilacap Gowes Sepeda 250 Km Demi Bertemu Ganjar

Adapun bentuk sepeda lipat juga cocok bagi kelompok usia lebih dari 40 tahun lantaran aman untuk menjaga fleksibilitasnya. Dengan postur yang ideal, bersepeda akan terasa nyaman dan lebih menyehatkan.

"Untuk orangtua juga cocok karena tidak terlalu bungkuk. Beberapa orangtua kan ada yang sudah tidak terlalu baik fleksibilitasnya, makanya sepeda ini juga bagus untuk usia 40 tahun ke atas," paparnya.

Ilustrasi bersepeda/olahraga.

Gowes Jakarta-Malang Dimulai, Mau Menginspirasi Lansia agar Tetap Aktif

Mengambil rute Jakarta – Bandung – Purwokerto – Yogyakarta – Trenggalek – Malang, akan ada titik pemberhentian setiap 200 km. Gowes ini ditargetkan rampung dalam 5 hari.

img_title
VIVA.co.id
31 Desember 2023