Keajaiban Pepaya untuk Kulit dan Rambut, Coba Deh!

Pepaya
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Pepaya adalah jenis buah yang bisa membuat kulit terlihat lebih segar apabila digunakan dengan tepat. Karena di dalam pepaya ada papain yang merupakan enzim yang dapat melarutkan protein. 

Daun Pepaya vs Kanker: Senjata Rahasia Alam Melawan Penyakit Ganas

Ia bahkan memiliki kemampuan untuk memperbaiki kulit Anda dan membuka sumbat pori-pori dan mencegah jerawat dan kulit yang kusam.

Bukan hanya ini, bahkan pepaya juga bermanfaat bagi kulit kepala,karena enzim dalam buah ini dapat memecah sel mati yang menumpuk di kulit kepala. Berikut adalah beberapa resep  untuk kulit dan rambut Anda dilansir dari laman Times of India.

Tak Hanya Kulit Wajah, Rambut Juga Butuh Skincare

Anti ketombe

Untuk ini, Anda perlu mencampur jumlah pepaya tumbuk yang baik dengan cuka sari apel dan minyak kelapa. Enzim dalam buah akan bekerja untuk mencegah penumpukan pada kulit kepala yang merupakan tempat ketombe. 

Percayakan Manfaat Jahe untuk Pertumbuhan Rambut Sehat Secara Alami

Cuka sari apel, di sisi lain, dapat membantu menyeimbangkan tingkat pH kulit kepala. Asam yang ada dalam minyak kelapa mengandung sifat antijamur dan antimikroba.

Membuat wajah cerah

Pepaya mengandung vitamin C dan A, beta karoten yang dapat membantu mencerahkan kulit. Anda dapat mencampur beberapa pepaya dengan yogurt untuk membuat pasta pengelupasan kulit sehingga asam laktat dan enzim alami dapat bekerja pada pengelupasan kulit dan pembersihan dalam.

Scrub penyeimbang warna kulit

Untuk mengangkat sel kulit mati dan mencerahkan kulit, Anda perlu membuat scrub dari beberapa gandum dan pepaya.

Manfaat Biji Pepaya (Foto :Arbamedia.com)

Anda kemudian dapat membalurkan scrub ini pada tubuh dan memijatnya dengan lembut. Ini akan menghilangkan kotoran yang tidak rata dan menghilangkan semua kulit mati.

Masker pelembab rambut

Untuk memberikan hidrasi yang sangat dibutuhkan ke rambut, Anda dapat menyiapkan pisang, sedikit pepaya dan sedikit minyak zaitun dan mengoleskannya di seluruh kulit kepala dan helai rambut. 

Semua bahan-bahan ini akan memberikan kelembaban pada rambut dan membuat rambut Anda terlihat dan terasa lembut.

Salep kulit 

Campurkan pepaya tumbuk dengan madu dan oleskan ke kulit. Madu mengandung sifat anti-inflamasi yang memberikan efek menenangkan dan bahkan dapat membuat jerawat terlihat kurang merah dan meradang. 

Pepaya dapat membersihkan sel-sel kulit mati dari permukaan kulit Anda dan membuka pori-pori.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya