Ini Alasan Tidak Boleh Tidur dengan TV Menyala

Ilustrasi menonton tv
Sumber :
  • Pixabay/Pavlofox

VIVA – Seringkali kita tertidur saat sedang menonton TV. Dan tak jarang, TV jadi menyala sampai pagi hari. Atau ada juga yang memiliki kebiasaan tidak bisa terpejam jika TV tidak menyala. Tapi, tahukah kamu, ternyata kebiasaan tersebut tidak baik untuk kesehatan. 

Takut Anak Nonton di Luar Usianya? Tenang, 6 Tips Pilih Tontonan Aman Ini Bisa Bantu Anda

Menurut National Institute of Health, tidur dengan TV menyala dapat menyebabkan kerusakan nyata pada pinggang. Ilmuwan menganalisis data 43.722 wanita dari Amerika Serikat berusia antara 35 – 74 tahun, yang mendaftarkan diri dalam studi lain tentang risiko kanker payudara dan penyakit lainnya, demikian menurut Times of India. 

Ditemukan bahwa wanita yang tidak tidur dengan TV, mereka lebih mampu mempertahankan berat badan dibanding mereka yang tidur dengan TV menyala. Wanita-wanita ini dalam kategori yang terakhir ditemukan mengalami kenaikan berat badan 17 persen lebih banyak dalam 5 tahun. 

Viral Atap Rumah Roboh saat Santai di Ruang Tamu

Hasil penelitian ini diterbitkan dalam JAMA Internal Medicine. Melalui studi tersebut, para ilmuwan berspekulasi bahwa hormon tidur, melatonin, ditekan ketika cahaya buatan dari TV mengganggu ritme sirkadian. 

Faktor lain yang menjadi perhatian selama penelitian adalah usia, memiliki pasangan, anak-anak, ras, status sosial ekonomi, aktivitas fisik dan kalori yang dikonsumsi. 

Studi: Menonton TV Terlalu Banyak Meningkatkan Kematian Lebih Cepat

Studi ini menyoroti mengapa seseorang tidak boleh tidur dengan cahaya buatan menyala untuk mendapatkan tidur yang lebih baik, berat badan yang ideal dan kesehatan secara keseluruhan. 

Ilustrasi kanker payudara.

Apakah Wanita Transgender Berisiko Terkena Kanker Payudara? Ini Penjelasannya

Kanker payudara paling bisa diobati jika terdeteksi pada tahap awal peyakit itu timbul. Oleh sebab itu skrining sangat penting dan begitu juga dengan mengetahui gejalanya

img_title
VIVA.co.id
11 Oktober 2023