Dampak Psikis Korban Aksi Pegawai Starbucks Intip Payudara

cegah depresi
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Pegawai Kedai Kopi Starbucks masih viral dibicarakan di jagat maya usai melakukan aksi mengintip belahan dada salah satu pengunjung melalui CCTV. Meski wajah korban tak disorot, namun psikolog menyebut dampak psikis bisa dirasakan.

Starbucks Asia Barat PHK 2.000 Karyawan Buntut Aksi Boikot

Menurut Psikolog Klinis Hersa Aranti, korban bisa saja menghayati aksi tak senonoh itu dan membuatnya merasa malu. Bahkan, emosi lainnya bisa dirasakan seperti marah dan sedih.

"Dampaknya akan tergantung pada penghayatan dari korbannya itu sendiri terhadap kejadian yang dialaminya. Namun beberapa gejala yang bisa muncul seperti kecemasan, mengalami emosi intens seperti marah, kecewa, sedih," ujarnya kepada VIVA, Kamis 2 Juli 2020.

Boikot Berhasil, Starbucks Pecat 2.000 Pekerjanya Imbas Perang Israel-Hamas di Gaza

Founder Kesehatan Mental Sadari_diri itu juga mengatakan bahwa aksi 'mengintip' payudara tersebut bisa membuat emosi korban tidak stabil. Hal tersebut bisa memicu terganggunya aktivitas yang dijalani dalam kesehariannya.

"Emosi lain baik pada diri maupun pada pelaku, bisa gangguan tidur, gangguan makan, dan lain sebagainya," paparnya.

Starbucks Indonesia Angkat Kopi Aceh Jadi Produk Unggulan, Pertama Buatan Lokal

Menurutnya, tindakan ini termasuk pelecehan terutama jika dilakukan secara sengaja. Apalagi, lanjutnya, jika oknum itu melakukannya untuk memenuhi hasrat atau dorongan seksual tertentu. Meski begitu, mengenai penyimpangan atau kelainan jiwa pada oknum, perlu ditelusuri lebih lanjut.

"Untuk bisa dikatakan kelainan jiwa perlu diadakan asesmen psikologis lebih lanjut oleh profesional," jelas dia.

Sebelumnya, video dalam akun twitter @agunghilman_, Kamis, 2 Juli 2020, berdurasi 14 detik memperlihatkan salah satu karyawan kedai kopi kenamaan asal Indonesia itu sedang memantau CCTV di dalam sebuah ruangan.

"Buat yang cewek lain kali hati-hati kadang suka ada oknum di belakang cctv yang kurang ajar kayak gini," tulis akun @agunghilman_

Karyawan itu pun terlihat mengawasi salah satu pengunjung perempuan yang sedang duduk di gerainya. "Yang tadi dong, di depan dong," kata salah seorang pria dalam video itu.

Sontak pria itu kemudian mengarahkan CCTV kepada salah satu pengunjung perempuan yang memakai kaos putih. Ia kemudian memperbesar gambar tersebut yang memperlihatkan belahan dada pelanggan perempuan itu. Keduanya kemudian tertawa setelah melihat tayangan di CCTV tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya