Tips Aman Bersepeda di Tengah Wabah COVID-19

Ilustrasi bersepeda.
Sumber :
  • Pixabay/ Unsplash

VIVA – Bersepeda menjadi salah satu alternatif transportasi yang banyak digunakan saat pandemi COVID-19. Tidak mengherankan jika belakangan ini masyarakat banyak yang menggunakan sepeda dalam kesehariannya. Bahkan, bersepeda dijadikan salah satu alternatif berolahraga yang yang juga banyak digemari.

Kata Pj Gubernur soal Kepala Dinas Kesehatan Sumut Ditahan Jaksa Karena Korupsi COVID-19

Tidak hanya itu saja, sepeda juga menjadi salah satu alat transportasi yang dianggap aman selama pandemi COVID-19. Namun di tengah pandemi COVID-19 ini masyarakat perlu memahami atau mengetahui cara bersepeda atau etika bersepeda yang baik dan benar.

Lalu bagaimana etika bersepeda yang aman di masa pandemi? Berikut ini seperti yang dilansir dari berbagai sumber.

Tim Balap Sepeda Indonesia ASC Monsters Juara Umum di Tour of Phuket

1. Jaga jarak aman

Dalam akun instagram @ITDP Indonesia, penting untuk menjaga jarak antara satu pesepeda dengan pesepeda lainnya. Jarak aman yang direkomendasikan adalah 2 meter.

Soekarno-Hatta Earns the Most Recovered Airport in Asia-Pacific

Baca Juga: Paus Pembunuh Terdampar Dikira Lumba-lumba, Warga Heboh Selfie

2.Tetap menggunakan masker

Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga Andhika Raspati memberikan tips untuk pesepeda tetap menggunakan masker termasuk saat bersepeda. Ini penting untuk menghindari droplet. Namun, penggunaan masker saat bersepeda juga ada aturanya. "Perlu diatur intensitas kecepatan gowesnya untuk mengatur nafas agar tidak sesak nafas saat menggunakan masker, sementara penggunaan face shield saja tidak dianjurkan dikarenakan masih ada celah untuk droplet," kata dia.

3. Pesepeda harus memperhatikan keselamatan dirinya sebelum bersepeda

"Keamanan perlu diperhatikan. Menggunakan helm, menggunakan pencahayaan lampu atau pakaian yang bersinar untuk menandakan pengguna jalan lain," kata Andhika lagi.

Baca Juga: DKI Jakarta Catat Angka Pasien Sembuh Terbanyak Hari Ini

4. Bersepeda harus dalam kondisi sehat

Dikutip dari laman covid19.go.id, saat bersepeda, pastikan kondisi kesehatan Anda baik.” Akan lebih baik, konsultasi ke dokter seberapa bugar Anda dan jika baru bersepeda jangan ikuti teman yang sudah terbiasa jarak jauh. Harus bertahap dan dibiasakan," ucap Andhika.

5. Bawa handsanitizer

Penting juga selalu untuk membawa handsanitizer dengan kadar alkohol 70 persen. Hand sainitizer digunakan sebagai alternatif pengganti cuci tangan seusai bersepeda.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya