Tidak Semua Hand Sanitizer Aman, Begini Cara Mengecek Keasliannya

Hand Sanitizer dan masker
Sumber :

VIVA – Hand sanitizer sudah menjadi bagian penting dari kehidupan Normal Baru kita. Meskipun para ahli dan dokter lebih merekomendasikan untuk mencuci tangan, namun hand sanitizer bisa berguna di saat kita tidak menemukan air dan sabun. 

Menkes: Implementasi Nyamuk Ber-Wolbachia untuk Tanggulangi Dengue Mulai Bergulir

Hand sanitizer seharusnya dibuat dengan hati-hati, agar tidak membahayakan kulit. Tetapi, karena selama pandemi virus corona atau COVID-19 permintaan menjadi tinggi, tidak semua hand sanitizer yang tersedia di pasaran aman atau asli. Terutama, yang baru diluncurkan setelah permintaan meningkat banyak. 

Berikut tiga tes yang bisa kamu lakukan di rumah untuk mengetahui apakah hand sanitizer itu asli atau palsu, dilansir dari Times of India

Kapten Vincent Kena Flu Singapura Sampai Bernanah: Lebih Sengsara dari COVID!

Tes kertas tisu

Ambil kertas tisu dan buat lingkaran di tengahnya dengan bantuan pena. Sekarang, tuangkan beberapa tetes hand sanitizer ke dalam lingkaran. Jika tinta mulai memudar, itu berarti hand sanitizer kamu palsu. Tetapi, jika lingkaran tetap seperti itu dan kertas mengering dengan cepat, ini menunjukkan hand sanitizer kamu efektif dan berkualitas baik. 

KPK Cecar Fadel Muhammad soal Dugaan Kasus Korupsi APD di Kemenkes RI

Hair dryer atau pengering rambut

Gunakan pengering rambut dan mangkuk kecil untuk melakukan tes ini. Tuang beberapa tetes hand sanitizer ke dalam mangkuk. Sekarang, ambil pengering rambut dan coba keringkan hand sanitizer dalam mangkuk tersebut. Hand sanitizer tidak boleh mengering lebih dari 5 detik. Jika hand sanitizer tidak mengering, itu berarti palsu. 

Tepung

Kamu juga bisa mengetes hand sanitizer dengan menggunakan tepung. Ambil tepung dalam mangkuk dan tambahkan hand sanitizer ke dalamnya. Lalu, uleni adonan. Jika kamu dapat menguleni adonan dengan mudah, seperti yang biasa kamu lakukan dengan air, itu berarti hand sanitizer kamu palsu. Jika adonan tetap terkelupas, ini menunjukkan hand sanitizer yang kamu punya asli. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya