Hati-hati, Penderita Asam Urat Gak Boleh Konsumsi Sayuran Seperti Ini

Ilustrasi nyeri asam urat.
Sumber :
  • Pixabay/pexels

VIVA – Penyakit asam urat merupakan kondisi yang terjadi ketika kadar asam urat yang ada di dalam darah melebihi batas normal. Sebenarnya, semua orang memiliki asam urat di dalam tubuh, namun jika jumlahnya masih dalam batas normal, tidak akan berbahaya. 

Gejala Asam Urat yang Wajib Diwaspadai oleh Banyak Orang, Bisa Sebabkan Masalah Serius

Lain hal jika sudah melebihi batas normal. Asam urat bisa membuat aktivitas pengidapnya terhambat karena menyebabkan rasa sakit yang luar biasa di sekitar sendi dan timbul penbengkakan di sekitarnya. 

Untuk menghindari rasa sakit atau menjadi kambuh, penderita asam urat harus menghindari atau mengurangi konsumsi makanan yang mengandung purin tinggi, salah satunya sayur-sayuran yang memiliki warna hijau tua. Benar enggak sih?

6 Makanan Tinggi Purin yang Bisa Menyebabkan Asam Urat Naik

Baca juga: 3 Masalah Kesehatan Ini Bisa Berkembang Gara-gara Asam Urat

Dalam tayangan Hidup Sehat di tvOne, spesialis gizi klinis, Dr.dr Samuel Oetoro, MS SpGK (K), menjelaskan jika kadar asam urat tidak terlalu tinggi konsumsi sayuran berdaun hijau tua tidak menjadi masalah. Tapi, berbeda jika kondisinya seperti berikut. 

6 Menu Buka Puasa Sehat Ini Bikin Energi Penuh, Cegah Diabetes & Hipertensi!

"Mitos kalau Anda ada gangguan asam urat tapi kadarnya gak terlalu tinggi hanya 7. Tapi, buat orang-orang yang ada gangguan asam urat, kalau dicek asam uratnya di atas 10, itu menjadi bagian yang harus dihindari," ujarnya di studio tvOne, Rabu 8 Juli 2020. 

Lebih lanjut Samuel menjelaskan mengenai batas normal asam urat di dalam tubuh kita. Untuk pria, batas normal asam urat adalah 6. Sedangkan wanita, sedikit lebih rendah, yaitu 5,4. 

Untuk itu, Samuel memperingatkan, bagi penderita asam urat tinggi, tidak diperbolehkan mengonsumsi sayuran berdaun hijau tua. Lalu, berapa kadar asam urat yang tidak boleh mengonsumsi sayuran berjenis tersebut? 

"Kalau dia ada gangguan asam urat dan kadarnya di atas 8, berarti Anda harus pilih sayurnya jangan yang warna hijau tua. Yang aman adalah sayur yang berwarna putih seperti sawi putih, dan lain-lain. Yang merah atau warna lain juga gak apa-apa," kata Samuel.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya