Hati-hati, Ternyata Dompet di Kantong Bisa Bikin Encok

Ilustrasi penderita encok.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Nyeri punggung bagian bawah atau encok bisa dipicu oleh beragam faktor termasuk penempatan dompet. Posisi dompet yang kerap disimpan dalam kantong celana belakang dapat membuat keseimbangan menurun.

Bawa Dompet di Kantong Belakang Celana Sebabkan Encok

Pada pria, penempatan dompet di kantong celana belakang sudah menjadi hal yang lumrah dan dianggap tak menimbulkan masalah. Padahal, nyeri di punggung bawah bisa terjadi saat duduk sambil mengantongi dompet.

"Duduk terlalu lama dan ada dompet di kantong dapat menyebabkan tidak seimbang. Hal ini menjadi faktor pemicu nyeri di punggung bawah," ujar dokter spesialis tulang, dr. Rizky Otario Sp.OT., dalam acara Hidup Sehat, tvOne, Jumat 10 Juli 2020.

Jus Hijau Ini Manjur Sembuhkan Asam Urat, Ada Bukti Ilmiahnya

Selain penempatan dompet, kebiasaan lain yang mencetuskan rasa tidak nyaman di punggung bawah bisa terjadi saat posisi tidur yang salah. Bahkan, kasur dengan busa yang tidak baik juga ikut berdampak pada kondisi encok.

"Menurut penelitian, tingkat kekerasan kasur 5-6 bisa membuat nyaman dan hindari low back pain. Studi lain menyebut, kasur baru artinya dengan produksi kasur semula dapat memberi kenyamanan," paparnya.

14 Makanan Penyebab Asam Urat yang Harus Anda Hindari

Encok sendiri menjadi keluhan hampir 50 persen pasien yang datang ke rumah sakit. Meski terkesan sepele, encok sebenarnya sangat berpengaruh pada produktivitas. Maka dari itu, pencegahannya perlu dilakukan.

"Tidak perlu melakukan kebiasaan yang bisa menyebabkan low back pain seperti duduk lama di kursi. Biasakan duduk dengan keluarkan barang di kantong lebih dulu," kata dia.

Perasan air lemon

Lemon Bisa Jadi Obat Encok yang Mujarab, Begini Cara Mengolahnya

Encok disebabkan terlalu banyaknya akumulasi asam dalam tubuh.

img_title
VIVA.co.id
10 Juli 2019