Vaksinasi Flu Disebut Dapat Perkuat Imunitas Lawan COVID-19

Ilustrasi vaksin
Sumber :
  • Shutterstock / University of Oxford

VIVA – Memasuki fase new normal atau Adaptasi Kehidupan Baru (AKB). Berbagai tempat publik seperti pusat perbelanjaan, beberapa sekolah hingga perkantoran, sudah kembali dibuka dan masyarakat diperbolehkan beraktivitas di luar rumah. 

Sosok Helena Lim, ‘Crazy Rich’ PIK Jadi Tersangka Kasus Korupsi Timah

Perjalanan dalam dan luar negeri juga perlahan mulai berjalan normal dengan menerapkan sejumlah persyaratan. Di antaranya, menunjukkan surat keterangan bebas gejala seperti influenza (influenza-like illness), yang dikeluarkan oleh dokter rumah sakit bagi daerah yang tidak memiliki fasilitas rapid atau PCR test. 

Terkait dengan situasi sekarang, banyak orangtua yang khawatir anak-anak mereka akan tertular virus corona saat sedang berada di luar rumah, khususnya di sekolah. Oleh karena itu, orangtua harus lebih memerhatikan kesehatan anak-anaknya.

Sering Dialami Anak-Anak dan Mudah Menular, Apa yang Perlu Dilakukan Untuk Cegah Gondongan?

Baca juga: Ternyata, Begini Isi Apartemen Hana Hanifah

Selain menerapkan protokol kesehatan seperti mencuci tangan dan memakai masker, strategi terbaik untuk melindungi anak dari penularan COVID-19 adalah dengan meningkatkan imunitas. Salah satu caranya dengan melakukan vaksinasi. 

Dokter Anak Internasional Gelar Workshop Champion Imunisasi, Ini Manfaatnya untuk Anak Indonesia

Dikutip dari siaran pers yang diterima VIVA, Rabu 15 Juli 2020, tentang 'Pentingnya Vaksin Flu di Era New Normal', Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) mengimbau agar orangtua segera membawa anaknya untuk melakukan vaksinasi. Terutama, vaksin rutin dan juga vaksin-vaksin untuk perlindungan saluran napas atas, seperti vaksin flu dan vaksin pneumonia. 

Hal serupa juga disampaikan oleh Satgas Imunisasi Dewasa, bahwa pemberian vaksinasi untuk saluran napas, dapat memberikan perlindungan secara tidak langsung terhadap infeksi COVID-19.

Baca juga: Gila, Pose Pamer Cincin Prilly-Reza Rahadian Tembus 3 Juta Likes

Influenza merupakan salah satu penyakit yang sangat mudah menular. Bila tubuh kita tertular flu, makan daya tahan tubuh akan melemah, sehingga lebih rentan terkena infeksi penyakit lain, seperti COVID-19. 

Pemberian vaksin influenza  bisa melindungi seseorang dari virus Influenza. Hal ini juga bermanfaat untuk menghindari kerancuan gejala yang mirip dengan virus corona. Selain itu, melakukan vaksinasi ini juga dapat mencegah biaya yang tidak perlu untuk melakukan pemeriksaan kesehatan, terutama tes COVID-19 ketika muncul gejala seperti penyakit flu.

Seperti kita ketahui, gejala yang muncul pada penderita COVID-19 mirip dengan gejala flu biasa, seperti demam, batuk kering, hingga kelelahan. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika kita sebisa mungkin menghilangkan kecemasan terhadap penyakit yang kita derita. Salah satunya, dengan melakukan vaksinasi flu secara rutin.

Baca juga: Komentari Postingan Prilly, Umay Sindir Rey Mbayang-Dinda Hauw?

Bisa dibayangkan, betapa banyaknya usaha yang harus kita jalani untuk mengikuti rangkaian tes COVID-19, jika merasakan gejala-gejala umum flu. Padahal, dengan melakukan vaksinasi flu, juga bisa mendeteksi gejala-gejala yang merujuk pada COVID-19. 

Dengan berbagai kondisi di atas, banyak ahli yang merekomendasikan vaksin flu sebagai bagian dari usaha pencegahan penyebaran COVID-19. Walaupun vaksinasi tidak secara langsung mencegah infeksi virus corona, tetapi cara ini dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. (day)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya