Viral Wanita di Tasikmalaya Hamil 1 Jam, Apa yang Terjadi?

Alat Tes Kehamilan
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Seorang wanita di Kampung Mandalasari Tasikmalaya mendadak viral di media massa karena hamil dan melahirkan hanya dalam waktu satu jam. Wanita berusia 28 tahun tersebut juga mengaku tidak mengalami keluhan layaknya wanita hamil pada umumnya. 

Posko Mudik Perempuan Bisa Cek Kehamilan, Tekanan Darah Hingga Sedia Kondom! Catat Titiknya

Lalu apa yang terjadi dengan wanita tersebut? Kondisi yang dialami oleh wanita tersebut diketahui salah satunya kemungkinan adalah cryptic pregnancy. Dilansir dari laman Healthline, cryptic pregnancy atau kehamilan samar atau kehamilan tidak disadari merupakan kehamilan yang gagal dideteksi oleh metode pengujian medis konvensional. Kehamilan samar tidak umum terjadi, tetapi bukti anekdotal menunjukkan bahwa 1 dari 475 kasus wanita mungkin tidak mengetahui kehamilan mereka. 

Untuk memahami bagaimana cryptic pregnancy atau kehamilan samar atau kehamilan tidak disadarj bisa tidak terdeteksi, ada baiknya memahami seperti apa kehamilan "normal" di tahap awal. Di Amerika Serikat, kebanyakan wanita mengetahui bahwa mereka hamil pada 5 hingga 12 minggu setelah pembuahan.

Ello Berbagi Kabar Gembira, Sang Istri Hamil Anak Kedua

Setelah melewatkan menstruasi, tes kehamilan di rumah umumnya akan menunjukkan hasil "positif". Tes urin lebih lanjut, tes darah, dan USG di OB-GYN kemudian akan mengkonfirmasi kehamilan tersebut. Kebanyakan orang akan memperhatikan gejala kehamilan seperti payudara yang lunak dan bengkak, perubahan suasana hati, kelelahan, dan mual sejak dini selama trimester pertama.

Saat wanita mengalami cryptic pregnancy atau kehamilan tidak disadari, tidak ada yang memicu rangkaian peristiwa yang mengarah pada penemuan bahwa dirinya hamil. Tes kehamilan dapat menunjukkan negatif bahkan setelah seseorang melewatkan menstruasi.  Rasa mual pada awal kehamilan bisa terjadi karena flu perut atau gangguan pencernaan.

Viral Curhat Wanita Soal Janinnya yang Tiba-Tiba Hilang, Kok Bisa?

Jika seseorang hamil tetapi tidak menyadarinya, gejala kehamilan yang samar dapat menambah kebingungan. Terutama jika seseorang terseut belum pernah hamil sebelumnya, mudah untuk menghilangkan gejala kehamilan seperti gerakan janin, sedikit kenaikan berat badan, dan kelelahan akibat pilihan makanan atau gaya hidup. Rendahnya kadar hormon kehamilan dapat berarti gejala kehamilan sangat ringan atau hampir tidak mungkin untuk diperhatikan.

Lalu apa yang menyebabkan cryptic pregnancy atau kehamilan tidak disadari? Setidaknya ada lima kondisi yang memungkinkan terjadinya cryptic pregnancy, yakni: 

1. Sindrom ovarium polikistik (PCOS)
Kondisi ini dapat membatasi kesuburan seorang wanita, membuat ketidak seimbangan hormon, dan menyebabkan menstruasi yang terlewati atau tidak teratur.

2. Perimenopause 
Ini adalah suatu kondisi dimana  tubuh wanita menunjukkan gejala menopause. Beberapa gejala ini ditunjukkan dengan kenaikan berat badan dan fluktuasi hormon. 

3. Pil KB dan alat kontrasepsi (IUD) 
Pil KB dan IUD dapat membuat seorang wanita merasa yakin bahwa mereka tidak hamil. Walaupun metode pencegahan kehamilan ini sangat efektif, ada beberapa kasus ketika seorang wanita bisa hamil bahkan dengan KB atau dengan AKDR.

4. Dimungkinkan untuk hamil lagi setelah kehamilan dan sebelum kembali menstruasi 

Hal ini karena  faktor menyusui dan  faktor hormonal yang dapat menyebabkan tubuh menunda ovulasi dan menstruasi selama beberapa bulan setelah kelahiran. Seorang wanita mungkin menganggap gejala itu hanya sebagai tanda tubuh sedang menyesuaikan diri dengan keadaan postpartum.

5. Lemak tubuh rendah

Lemak tubuh rendah dan  aktivitas atletik dapat menyebabkan menstruasi hilang selama berbulan-bulan.  Orang yang berpartisipasi dalam olahraga juga berdampak tinggi memiliki kadar hormon tertentu yang rendah, sehingga lebih sulit untuk mendeteksi kehamilan.

Bagaimana persalinan cryptic pregnancy?

Persalinan pada trimester akhir cryptic pregnancy akan secara fisik mirip dengan kehamilan pada umumnya. Kontraksi yang terasa seperti kram parah sementara leher rahim meregang untuk bisa melahirkan bayi. Setelah serviks membesar, tubuh harus mendorong bayi keluar dari jalan lahir.

Baca juga: Kontak dengan Orang Positif COVID-19, Lakukan 4 Langkah Ini?

Apa yang berbeda tentang cryptic pregnancy dengan persalinan pada kehamilan pada umumnya? Seorang yang mengalami cryptic pregnancy mungkin tidak mengharapkannya sama sekali.  Ini dapat menyebabkan tekanan psikologis yang hebat saat itu terjadi. Jika mengalami kram hebat yang terasa seperti kontraksi dan tidak tahu harus berbuat apa, segera pergi ke layanan gawat darurat untuk menangani cryptic pregnancy. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya