Waspada, Penderita Ginjal dan Diabetes Tak Boleh Konsumsi Pisang

Ilustrasi pisang
Ilustrasi pisang
Sumber :
  • VIVA.co.id/Jgzelaya

VIVA – Pisang merupakan buah sejuta umat. Rasanya yang manis, membuat buah satu ini disukai anak hingga dewasa. Ditambah lagi dengan harganya yang terjangkau, membuat pisang semakin banyak digemari. 

Tapi, tidak terbatas pada itu saja. Buah pisang diketahui memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Selain dapat membantu melancarkan pencernaan, buah satu ini juga dapat menurunkan risiko stroke, menurunkan gula darah, dan masih banyak lagi. 

Tapi ingat, meski buah ini mengandung banyak manfaat, banyak yang berpendapat bahwa penderita penyakit ginjal tidak boleh mengonsumsi buah satu ini. Kira-kira mitos atau fakta ya? 

"Fakta. Pisang memang bahan makanan tinggi kalium. Pada beberapa kondisi gagal ginjal kronik tingkat akhir, bahan makanan sumber kalium harusnya dibatasi. Apabila sudah terbukti pada pasien-pasien gagal ginjal tingkat akhir ini terdapat tingkat kalium yang tinggi di dalam darahnya, maka pisang sebaiknya dihindari," ujar spesialis gizi klinik, Dr. Ngesti Mulyanah M.Gizi SpGK., dalam tayangan Hidup Sehat Plus di tvOne, Jumat 24 Juli 2020. 

Baca Juga: One Piece Chapter 986 Batal Rilis Minggu Ini

Namun, menurut dokter Ngesti, tidak hanya pisang saja yang harus dihindari penderita penyakit ginjal atau pasien dengan tingkat hiperkalemia atau kadar kalium yang tinggi di dalam darah. 

"Makanan lain, seperti melon, kentang, ubi, brokoli, dan lain sebagainya, juga harus dihindari oleh pasien-pasien tersebut," kata dia.