Hari Hepatitis Sedunia Trending, Seruan Hidup Bersih Bergema di Medsos

Peringatan Hari Hepatitis Sedunia, 28 Juli 2020
Sumber :
  • twitter.com/litbangkemenkes

VIVA – Tanggal 28 Juli jatuh tepat hari ini diperingati sebagai Hari Hepatitis sedunia. Peringatan Hari Hepatitis Sedunia juga sempat ramai di jagat media sosial.

Rehabilitasi Pasca Bencana, Jokowi: Gedung RSUD Anutapura Palu Pertama Pakai Sistem Shockbreaker

Sejumlah postingan sempat mengukuhkan tagar #WorldHepatitisDay sebagai salah satu trending topic di jagat media sosial Twitter.

Mengemukanya tagar tersebut juga seakan mendorong terus bergulirnya kampanye penyembuhan Hepatitis di dunia.

KPK Cecar Fadel Muhammad soal Dugaan Kasus Korupsi APD di Kemenkes RI

“Mari kita sebarkan kesadaran untuk dunia yang bebas Hepatitis. Hepatitis dapat dicegah dan diobati.. Let's spread awareness for a  Hepatitis-free world. It is preventable and treatable.. #WorldHepatitisDay2020 #WorldHepatitisDay #HariHepatitisSedunia” tulis tweet dukungan dari akun @IndianEmbJkt.

4 Penyakit Liver yang Sering Diabaikan, yang Terakhir Perlu Jadi Perhatian

Baca juga: Beri Tips Kesehatan, Dokter Seksi Ini Langsung Berpose di Ranjang

Sementara itu, menurut Badan Litbang Kesehatan Kemenkes RI, Kali ini, tema yg diangkat adl Generasi Bebas Hepatitis. Menurut hasil Riskesdas 2018, berdasarkan riwayat diagnosis dokter, bahwa 4 dari 1000 orang Indonesia menderita hepatitis.

Dengan meningkatkan perhatian, kepedulian dan pengetahuan tentang eliminasi virus hepatitis dan masa depan bebas hepatitis untuk ibu dan anak.

Selain itu, berkomitmen untuk meningkatkan upaya pencegahan dan pengendalian hepatitis terintegrasi juga menjadi kunci dalam menekan angka penderita Hepatitis di Indonesia.

Baca juga: Semprot Mendikbud, Emak-emak Montok Ini Makin Ngetop

Lantas, bagaimana sebenarnya pola dan gaya hidup yang harus dibangun untuk menghindari terjangkit penyakit hepatitis tersebut? Badan Litbang Kesehatan Kemenkes RI @litbangkemenkes memberikan kiatnya sebagai berikut:

1. Jangan menyentuh toilet. Hepatitis dapat menular melalui feses. Rajinlah membersihkan toilet.

2. Sedangkan saat menggunakan toilet umum, bersihkan toilet duduk sebelum digunakan. Jangan lupa mencuci tangan dengan sabun setelah menggunakan toilet umum.

3. Hindari penggunaan barang secara bersama. Virus hepatitis bisa menular karena penggunaan barang secara bersamaan. Barang pribadi sebaiknya tidak digunakan secara bersamaan seperti sikat gigi, lipstik, alat pencukur, pemotong kuku, dan masih banyak lagi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya