Hati-hati, Konsumsi Vitamin Berlebih Sebabkan Pengendapan dalam Organ

Ilustrasi vitamin/obat.
Sumber :
  • Freepik/freepik

VIVA – Vitamin tak melulu berbentuk tablet atau pil yang memiliki rasa pahit. Kini, vitamin yang dijual di pasaran dikemas dengan beragam bentuk agar lebih disukai. Salah satunya ada yang berbentuk gummy, yang memiliki rasa manis dan kenyal dengan tambahan rasa buah. 

Dokter Ungkap Penyebab Tulang Jadi Keropos, Salah Satunya Jarang Aktivitas Fisik

Nah, dengan rasa yang lezat, tentu anak akan menyukainya karena menganggap mirip dengan permen. Akibatnya, anak cenderung mengonsumsi vitamin ini secara berlebih. Pertanyaannya, dari sisi kesehatan apakah aman mengonsumsi vitamin dengan rasa manis secara berlebihan? 

Baca Juga: #TanyaDokter: Keluar Cairan dari Kuping Saat Flu Normalkah?

Wajib Tahu! 5 Kandungan Skincare yang Aman Buat Semua Jenis Kulit

Menurut Nutrition Expert YOUVIT, Puteri Aisyaffa, menjelaskan tidak ada efek jangka pendek yang terjadi. Namun, karena vitamin berbentuk gummy cenderung mengandung gula, vitamin ini tidak dianjurkan untuk dikonsumsi berlebihan. 

"Kami hanya menganjurkan sehari satu gummy maksimal dua. Yaitu, satu gummy-nya hanya 2 gram, tidak melebihi asupan gula harian," ujarnya saat virtual event #TunjukinPassionmu dengan Imunitas Maksimal bersama YOUVIT, Selasa 28 Juli 2020. 

5 Manfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan Kulit, Bisa Melembapkan Kulit Secara Alami

Lebih lanjut Puteri menjelaskan, jika dikonsumsi berlebihan dan terus-menerus setiap hari. Salah satu dampak buruk yang terasa adalah kesehatan gigi anak jadi terganggu. 

"Karena kan giginya masih dalam proses pertumbuhan juga. Jadi, akan cenderung lebih mudah berlubang, apalagi kalau jarang sikat gigi," lanjut dia. 

Dan menurut Puteri, ini berlaku untuk semua jenis vitamin, tidak terbatas pada yang berbentuk gummy saja. 

"Kalau misalnya anak ataupun dewasa mengonsumsinya berturut-turut selama 3 atau 6 bulan. Tidak konsumsi sayur buah dengan baik, tidak konsumsi air mineral juga, itu pasti akan ada pengendapan di dalam organ," kata dia. 

Tapi, kalau hanya konsumsi jangka pendek, Puteri menegaskan tidak ada efek samping yang terjadi. Apalagi membuat anak menjadi lebih enerjik. "Karena fokus vitamin adalah memaksimalkan zat gizi harian yang kurang dari makanan," tutur Puteri.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya