Simak Yuk, Tips Sehat Bersepeda yang Ideal

Ilustrasi bersepeda.
Sumber :
  • Pixabay/ Unsplash

VIVA – Anda mungkin salah satu insan yang tengah keranjingan dengan aktivitas bersepeda yang belakangan ini tengah happening dimana-mana. Ya, bersepeda menjadi tren kembali selama masa pandemi COVID-19.

6 Olahraga Aman saat Menjalankan Puasa Ramadan

Jika memang benar, maka Anda ada baiknya menyimak deretan tips berikut ini terkait yang perlu diperhatikan dalam melakukan aktivitas menyenangkan tersebut.

Dan anggapan dengan bersepeda saja maka akan dapat mudah menurunkan berat badan ternyata tidaklah sepenuhnya benar.

5 Tips Lancar Ibu Hamil dan Menyusui Sehat saat Puasa Ramadhan

Rupanya, ada deretan faktor lain, fakta serta serba-serbi terkait aktivitas bersepeda berikut ini seperti yang dilansir India Times:

1. Bersepeda dan penurunan berat badan
Lewat sudah hari-hari ketika bersepeda dianggap hanya sebagai kegiatan rekreasi. Seiring waktu orang telah menyadari pentingnya bersepeda dalam kehidupan sehari-hari dan sejumlah besar manfaat kesehatan yang ditawarkannya.

Pesepeda Top Dunia Bakal Panaskan Persaingan di Maybank Cycling Series Il Festino 2024

Bahkan setelah COVID, banyak orang telah beralih ke bersepeda sebagai bentuk latihan karena aman dan Anda dapat mengikuti norma sosial yang menjauhkan dengan mudah.

Baca juga: Mandi di Kali, Warganet Sebut Wulan Guritno Bagai Bidadari

2. Periksa postur tubuh Anda
Kami semua belajar cara mengendarai sepeda ketika kami masih anak-anak dan hampir tidak memperhatikan postur kami saat naik.

Sekarang ketika mencoba untuk mengurangi berat badan, penting untuk berhati-hati dengan bentuk tubuh Anda. Berikut adalah beberapa hal yang harus Anda perhatikan:
- Tubuh Anda harus rileks dari ujung rambut sampai ujung kaki.
- Jangan jadikan kaku bahu Anda. Jaga mereka dalam posisi santai dan jauh dari telinga Anda.
- Tangan Anda harus dalam posisi santai dan bahu ditekuk untuk bertindak sebagai suspensi.
- Tangan Anda dari siku ke jari-jari pada rem harus dalam garis lurus. Jaga agar punggung Anda netral dan lurus.
- Jangan membungkuk dalam posisi mengendarai karena ini menyebabkan sakit punggung.
- Pastikan lutut Anda tepat di atas kaki atau pedal. Jika lutut Anda condong maka itu bisa menyebabkan ketegangan pada kaki.

3. Makanan pasca latihan terbaik
Makanan yang Anda makan memiliki peran besar untuk dimainkan dalam hal mengurangi berat badan. Anda harus menjaga keseimbangan gizi karbohidrat, lemak, dan protein untuk melihat perubahan penampilan Anda.

Anda juga perlu mengurangi asupan makanan olahan untuk langsing. Pemulihan setelah sesi bersepeda yang baik sangat berarti. Jika Anda berpikir bahwa Anda akan bisa menurunkan berat badan lebih cepat dengan membuat diri Anda kelaparan, maka Anda salah.

Ini adalah beberapa pilihan makanan terbaik untuk mengisi ulang bahan bakar Anda. Makanan Anda harus mengandung 20-40 gram protein dan 70-80 gram karbohidrat.

4. Bersepeda dapat membantu Anda membakar kalori
Bersepeda adalah bentuk latihan aerobik yang sangat baik. Itu berarti jantung, pembuluh darah, dan paru-paru Anda semua bekerja bersama saat Anda mengendarai sepeda.

Baik Anda mencoba menjadi lebih ringan atau lebih bugar, bersepeda bisa menjadi alternatif yang bagus, terutama saat ini ketika semua gym tutup dan orang-orang mencari cara untuk memompa sistem kardiovaskular mereka dan membakar kalori yang serius.

Baca juga: Rency Milano Ungkap Kronologi Dugaan Malpraktik yang Dialaminya

5. Kalori terbakar
Saat bersepeda dengan kecepatan sedang atau mantap, kami kebanyakan menggunakan sistem metabolisme aerobik kami. Namun, ketika bersepeda dengan kecepatan yang lebih tinggi, tubuh kita bergantung pada sistem metabolisme anaerob.

Ini berarti bahwa jika Anda naik lebih cepat, Anda akan dapat membakar lebih banyak kalori karena tubuh Anda menggunakan lebih banyak energi.

Sesuai Universitas Harvard, mengendarai sepeda dengan kecepatan sedang 12 hingga 13,9 mil per jam akan membantu seseorang dengan berat 70 kg mengurangi 298 kalori dalam 30 menit.

Ketika mengendarai lebih cepat dengan kecepatan 14 hingga 15,9 mil per jam, orang dengan berat yang sama akan membakar sekitar 372 kalori.

6. Bagaimana seharusnya frekuensi ideal Anda bersepeda?
Penting untuk terus menantang diri sendiri untuk membakar lebih banyak kalori dalam sehari. Jika tujuan Anda adalah mengurangi berat badan, maka naiklah sepeda setiap hari selama 30 menit.

Anda dapat menambahkan sesi latihan yang berbeda dalam rutinitas Anda untuk hasil yang maksimal.

Perjalanan panjang selama 60 menit untuk meningkatkan daya tahan Anda
Perjalanan berbukit dari 30 hingga 60 menit untuk membakar lebih banyak kalori
Bersepeda dengan cepat untuk kesehatan jantung Anda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya