Bukan Dipijat, Cara Tepat Atasi Nyeri Sendi Makan Ikan Laut

Ilustrasi nyeri sendi
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Nyeri sendi kerap dirasakan dan menganggu saat melakukan aktivitas di keseharian. Tak sedikit yang melakukan urut atau pijat usai mengalami nyeri sendi di bagian tubuh tertentu.

Sederet Tips Jitu untuk Turunkan Berat Badan Setelah Lebaran

Sejak dahulu, pijat atau urut dianggap ampuh mengatasi nyeri sendi yang dirasakan di bagian tubuh tertentu. Padahal, itu bukan hal yang tepat untuk dilakukan dan malah bisa memperburuk kondisi sendi tubuh.

Baca juga: Kriteria Buah-buahan yang Bagus untuk Penderita Diabetes

Atasi Ketiak Basah dan Bau Tak Sedap dengan 5 Tips Ini

Terlebih, dokter menyarankan cara tepat untuk meredakan nyeri sendi dengan mengonsumsi ikan laut. Apa kaitan antara ikan laut dan mengatasi nyeri sendi, ya?

"Untuk kurangi nyeri sendi bisa dengan konsumsi ikan laut karena mengandung antioksidan yang mampu meredakan nyeri sendi. Ingat, bukan obati tapi meredakan saja," ujar Spesialis Kesehatan Fisik dan Rehabilitasi dr Ibrahim Agung, Sp.KFR., dalam acara Hidup Sehat di tvOne, Kamis 6 Agustus 2020.

Cegah Pengapuran, 4 Makanan Ini Bisa Bikin Tulang Kuat dan Sehat

Dokter Ibrahim menyarankan cukup dengan mengistirahatkan area yang nyeri dan konsultasi ke dokter untuk mendapatkan penanganan tepat. Sangat tak disarankan untuk dipijat lantaran bisa memicu cedera di area yang nyeri tersebut.

Baca juga: Klaim Punya Obat Corona, Hadi Pranoto Niat Ringankan Beban Pemerintah

Adapun penyebab nyeri sendi cukup beragam namun dua pemicu utama yakni penuaan dan terkilir. Dengan dua penyebab itu, maka cara tepat mengatasinya adalah dengan melakukan penguatan otot dan peregangan sesuai instruksi dokter.

"Nyeri sendi seringnya di lutut dan pinggang akibat pengapuran (pada usia tua). Kalau terkilir biasa karena ada gerakan tiba-tiba atau berulang dalam waktu lama," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya