Ilmuwan Ungkap Gejala Biologis dari Kasus COVID-19 Terparah

Ilustrasi batuk/TBC/virus corona/COVID-19.
  • Freepik/freepik

VIVA – Para ilmuwan mulai mengurai salah satu misteri biologis paling kompleks dari pandemi virus corona. Yaitu, alasan mengapa beberapa orang menderita sakit parah, sementara yang lain mudah pulih saat terinfeksi COVID-19.

COVID-19 di Jakarta Naik Lagi, Total Ada 365 Kasus

Pada pasien tertentu, menurut hasil studi baru-baru ini, virus dapat membuat sistem kekebalan menjadi rusak. Ketidakmampuan tubuh dalam menyusun sel dan molekul untuk melawan penyerang, tubuh yang terinfeksi akhirnya meluncurkan rentetan senjata yang malah mendatangkan malapetaka pada jaringan yang sehat.

"Kami melihat beberapa hal gila muncul pada berbagai tahap infeksi," kata Akiko Iwasaki, ahli imunologi di Universitas Yale yang memimpin salah satu studi baru, dikutip Times of India, Kamis 6 Agustus 2020.

Kasus COVID-19 di DKI Jakarta Naik Sejak November 2023

Para peneliti yang mempelajari kondisi tidak biasa ini menemukan pola yang membedakan pasien yang mudah sembuh dengan mereka yang kondisinya jauh lebih buruk. Pengetahuan yang diperoleh dari data dapat membantu menyesuaikan pengobatan untuk individu yang bersangkutan, mengurangi gejala, bahkan menaklukkan virus sebelum memiliki kesempatan untuk mendorong sistem kekebalan tubuh terlalu jauh.

Baca juga: Muncul Virus Menular Baru di China, 67 Terinfeksi dan 7 Meninggal

Pakar Imbau, Waspadai Pandemi Disease X, Mematikan Dibanding COVID-19

"Banyak data ini memberi tahu kita bahwa kita perlu bertindak cukup awal dalam proses ini. Semakin banyak temuan yang muncul, para peneliti mungkin dapat mulai menguji gagasan bahwa kita dapat mengubah lintasan penyakit," ujar John Wherry, ahli imunologi di University of Pennsylvania, yang baru-baru ini menerbitkan studi tentang tanda-tanda kekebalan tubuh ini.

Ketika infeksi pernapasan, seperti virus flu, mencoba mendapatkan pijakan dalam tubuh, respons kekebalan meluncurkan pertahanan dalam dua tindakan. Pertama, sebuah kavaleri yang bertindak cepat ke lokasi infeksi dan mencoba untuk mengurung penyerang, membeli sisa waktu sistem kekebalan tubuh untuk melakukan serangan yang lebih khusus.

Memicu peradangan

Sebagian besar respons awal tergantung pada molekul pemberi sinyal yang disebut sitokin yang diproduksi sebagai respons terhadap virus. Seperti alarm mikroskopis, sitokin dapat memobilisasi bala bantuan dari tempat lain di tubuh, memicu putaran peradangan.

Akhirnya, sel-sel dan molekul-molekul yang memimpin muatan awal ini akan mundur, memberi jalan bagi antibodi dan sel T, pembunuh khusus yang dibuat untuk virus dan sel-sel yang telah terinfeksi. Tapi, koordinasi ini tampaknya rusak pada orang dengan COVID-19 yang parah.

Sitokin yang menggerakkan lonjakan pertama tidak pernah berhenti membunyikan alarm, bahkan setelah antibodi dan sel T tiba di tempat kejadian. Itu berarti respons liar dari peradangan mungkin tidak pernah dihilangkan, bahkan ketika itu tidak diperlukan lagi.

"Adalah normal untuk mengembangkan peradangan selama infeksi virus. Masalahnya datang ketika Anda tidak bisa menyelesaikannya," kata Catherine Blish, ahli imunologi virus di Stanford University.