Besok, Suntik Perdana Vaksin COVID-19 Langsung Dipantau Presiden

Ilustrasi Vaksin COVID-19
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto melakukan kunjungan kerja ke Rumah Sakit Pendidikan Unpad, Jalan Eijkman, Bandung. Hal ini dilakukan dalam rangka memastikan kesiapan ruang uji klinis fase 3 vaksin COVID-19 yang dilaksanakan mulai Selasa, 11 Agustus 2020.

Jokowi Prihatin Sekaligus Berduka atas Insiden yang Menimpa Marhan Harahap di Sumut

Menkes menegaskan, kunjungan tersebut perlu dilaksanakan agar berjalan sesuai protokol kesehatan. Terlebih, Presiden Joko Widodo akan meninjau langsung proses penyuntikan vaksin Sinovac pada para relawan di RSP Unpad.

"Yang terpenting, proses uji vaksin perdana besok harus sesuai protokol kesehatan. Mengingat besok akan ada Presiden yang langsung meninjau," jelas Menkes, dikutip dari siaran pers, Senin 10 Agustus 2020.

Kolonel Herman: Marhan Harahap Dihadang Perempuan saat Mau ke Masjid Agung Rantau Prapat

Disebutkan oleh Dekan FK Unpad, Setiawan, proses penyuntikan vaksin asal China itu juga memerlukan ruangan yang steril. Adapun ruangan yang dipakai ada di lantai dua gedung RSP Unpad.

Baca juga: Santai di Pantai, Luna Maya Pamer Punggung Mulus

Kolonel Herman Bantah Paspampres Halangi Marhan Harahap Mau ke Masjid

"Ruang sudah dilakukan disinfeksi sesuai dengan ketentuan," papar Setiawan.

Tim riset memastikan bahwa proses uji klinis ini akan memprioritaskan keamanan dan kesehatan para relawan. Selain itu, para relawan dan panitia juga telah dilakukan tes PCR, di mana hasilnya semua negatif dan bisa melanjutkan proses uji klinis perdana besok.

"Catatannya, uji klinis ini sebetulnya relatif aman karena seluruh petugas dan subyek dites dulu. Jadi semuanya negatif. Kondisi ruangan untuk uji klinis jauh lebih aman dibandingkan kondisi seperti biasa. Karena sudah ada penapisan lebih awal," tambahnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya