5 Makanan Paling Sehat di Dunia, Banyak Terdapat di Indonesia

Ikan salmon
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Selain sering mencuci tangan, menjaga jarak dan membatasi bepergian keluar rumah. Menjaga asupan nutrisi yang akan kita konsumsi juga penting dilakukan, terlebih di masa pandemi seperti sekarang ini.

Harga Bawang Putih Rp 60 Ribu di Sulteng, Jokowi: Ini yang Agak Mahal, tapi Secara Umum Baik

Konsumsi makanan sehat bisa membantu tubuh tetap fit dan meningkatkan daya tahan tubuh. Apalagi jika Kamu rutin mengonsumsi lima makanan berikut, yang dianggap sebagai makanan paling sehat di dunia.

Makanan-makanan apa saja yang dimaksud? Dilansir dari Healthline, Selasa, 11 Agustus 2020, berikut lima makanan paling sehat di dunia, yang juga mudah Kamu dapatkan di sini.

Daftar Harga Pangan 26 Maret 2024: Bawang, Daging Sapi, hingga Telur Ayam Naik

Salmon

Ilustrasi daging ikan salmon

Daftar Harga Pangan 21 Maret 2024: Daging Sapi hingga Telur Ayam Naik

Tidak semua ikan diciptakan sama. Salmon dan jenis ikan berlemak lainnya mengandung asam lemak omega-3 dalam jumlah besar, yang sangat penting untuk mengoptimalkan fungsi tubuh. Dalam 100 gram salmon, mengandung 2,8 gram omega-3, protein hewani berkualitas tinggi, dan banyak vitamin serta mineral, termasuk sejumlah besar magnesium, kalium, selenium, dan vitamin B.

Hasil studi menunjukkan orang yang makan ikan berlemak secara teratur, termasuk salmon, berisiko lebih rendah terkena penyakit jantung, demensia, depresi, dan banyak penyakit umum lainnya. Untuk memenuhi kebutuhan omega-3 tubuh, sebaiknya konsumsi ikan berlemak 2 kali seminggu.

Kale

Ilustrasi sayuran kale

Kale sarat dengan vitamin, mineral, serat, antioksidan, dan berbagai senyawa bioaktif. Kale bahkan lebih sehat dari bayam. Keduanya sangat bergizi, namun kale lebih rendah oksalat, yang merupakan zat yang dapat mengikat mineral, seperti kalsium di usus dan mencegahnya diserap.

Rumput laut

Ketahui Manfaat Rumput Laut Bagi Kesehatan

Rumput laut lebih bergizi dibanding sayuran darat. Rumput laut sangat tinggi mineral, seperti kalsium, zat besi, magnesium dan mangan. Pun, sarat dengan berbagai senyawa bioaktif, termasuk phycocyanin dan karotenoid. Zat tersebut merupakan antioksidan dengan kemampuan anti inflamasi yang kuat.

Rumput laut juga mengandung yodium tinggi, mineral yang digunakan tubuh untuk membuat hormon tiroid. Konsumsi rumput laut beberapa kali sebulan, dapat memberi tubuh kandungan yodium yang dibutuhkan tubuh.

Bawang putih

Ilustrasi bawang putih tunggal

Bawang putih merupakan bumbu dapur yang luar biasa. Tidak hanya dapat mengubah hidangan hambar menjadi lezat, tetapi juga sangat bergizi. Bawah putih tinggi vitamin C, B1 dan B6, kalsium, kalium, tembaga, mangan, serta selenium. Bawah putih juga kaya senyawa sulfur bermanfaat seperti allicin.

Banyak penelitian menunjukkan, allicin dalam bawang putih dapat menurunkan tekanan darah serta kolesterol LDL. Rempah satu ini juga dapat meningkatkan kolesterol baik (HDL) dan berpotensi mengurangi risiko penyakit jantung di masa mendatang.

Kerang

Ilustrasi Kerang

Kerang merupakan salah satu sumber vitamin B12 terbaik. Kerang juga sarat dengan vitamin C, berbagai vitamin B, kalium, selenium, dan zat besi. Sayangnya, meskipun kerang termasuk makanan paling bergizi di dunia, kebanyakan orang jarang mengonsumsinya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya