Keracunan hingga Keguguran, Ini 7 Efek Samping Konsumsi Pepaya

Buah pepaya.
Sumber :
  • Freepik/freepik

VIVA – Mudah dicerna dan sarat dengan banyak manfaat kesehatan, pepaya merupakan buah favorit banyak orang. Diketahui, pepaya mengandung antibakteri dan antijamur. Jus daun pepaya bahkan bisa dimanfaatkan untuk mengobati demam berdarah dan meningkatkan jumlah trombosit.

Diduga Keracunan, Satu Keluarga Ditemukan Tewas Didalam Mobil

Tetapi jangan salah. Buah murah meriah ini juga memiliki beberapa efek samping yang dapat membahayakan tubuh. Dari menggugurkan kandungan hingga memengaruhi kesuburan, berikut beberapa efek samping mengonsumsi pepaya, dilansir dari Times of India, Rabu, 12 Agustus 2020.

Sebabkan cacat lahir

Sekeluarga Keracunan AC Mobil saat Mudik, Hotman Respons Menohok Romo Magnis

Daun pepaya mengandung papain, yang bisa menjadi racun bagi janin yang dikandung. Masih belum diketahui apa efek samping mengonsumsi pepaya saat menyusui. Oleh karena itu, sebaiknya hindari pepaya selama dan setelah kehamilan untuk beberapa waktu.

Sebabkan reaksi alergi

Satu Keluarga Keracunan AC Mobil hingga Tewaskan 1 Orang, Ini Tips Mencegahnya

Pepaya yang masih mentah dapat menyebabkan reaksi alergi pada beberapa orang. Jadi, orang-orang yang memiliki alergi harus menghindari konsumsi pepaya mentah atau mencari tahu tingkat kepekaanmu.

Melukai kerongkongan

Pepaya memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan lezat dikonsumsi. Tapi, itu tidak berarti kamu boleh mengonsumsinya terlalu banyak. Makan pepaya berlebihan diketahui dapat melukai kerongkongan.

Buah pepaya.

Risiko keguguran

Biji dan pepaya mentah dapat menyebabkan keguguran. Pepaya mentah diketahui dapat menimbulkan kontraksi rahim. Karena itu, ada baiknya menghindari pepaya selama kehamilan.

Menurunkan gula darah

Jika kamu sedang menjalani pengobatan untuk tekanan darah tinggi. Kemungkinan besar, mengonsumsi terlalu banyak pepaya dapat menyebabkan penurunan kadar gula darah, yang bisa berbahaya.

Memengaruhi kesuburan

Ekstrak biji pepaya dapat menurunkan kesuburan pada pria. Hal ini dapat menurunkan jumlah sperma dan memengaruhi mobilitas sperma.

Sebabkan keracunan

Konsumsi pepaya berlebihan dapat menyebabkan keracunan. Hal ini terjadi karena senyawa benzil isothiocyanate yang terkandung di dalam pepaya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya