Catat, Ini Waktu Terburuk untuk Makan Siang

Ilustrasi menu makan siang.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Karena faktor kesibukan, kebanyakan orang memiliki kebiasaan makan siang menjelang sore hari. Yang terburuk adalah, kita tidak menyadari betapa berbahayanya praktik ini bagi kesehatan kita secara umum, dan khususnya bagi orang-orang yang sedang berusaha menurunkan berat badan.

6 Olahraga Ringan untuk Membakar Kalori dan Mengembalikan Kebugaran Tubuh Setelah Lebaran

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition, makan siang setelah jam 3 sore, mungkin berdampak besar pada kecepatan proses penurunan berat badan.

Dilansir Times of India, studi tersebut secara khusus mengamati kerja protein perilipin, yang ditemukan dalam sel manusia dan penting untuk membakar lemak di seluruh tubuh. Di akhir penelitian, ditemukan bahwa orang dengan variasi genetik tertentu dari protein ini mengalami penurunan berat badan yang lebih sedikit, jika mereka makan setelah jam 3 sore.

Sederet Tips Jitu untuk Turunkan Berat Badan Setelah Lebaran

Studi lain yang dipublikasikan pada 2013 di International Journal of Obesity, juga menyatakan bahwa makan siang setelah jam 3 sore dapat memperlambat proses penurunan berat badan. Namun, kedua penelitian tersebut difokuskan pada orang-orang dengan susunan genetik tertentu.

Aktivitas internal tubuh kita diatur oleh ritme sirkadian, yang berlaku untuk makan dan tidur. Hal itu juga memengaruhi proses penurunan berat badan. Di mana irama sirkadian mengontrol sekresi insulin di dalam tubuh.

Perubahan Penampilan Virgoun Bikin Netizen Pangling: Kurusan

Makan terlalu cepat, ketika tubuh kurang sensitif terhadap insulin, dapat mempersulit mobilisasi lemak dan mengurangi berat badan. Namun, para peneliti tidak menemukan hubungan antara penurunan berat badan dengan waktu sarapan dan makan malam.

Bisa jadi, karena penelitian itu dilakukan di Spanyol, di mana orang mengonsumsi makanan kaya kalori saat makan siang. Jadi, jika kamu sedang mencoba menurunkan berat badan, sebaiknya makan sebelum jam 3 sore.

Menurut banyak pengamat berat badan, makan siang adalah makanan terberat di hari tersebut. Itu artinya, kamu mengonsumsi sebagian besar kalori pada saat itu. Jadi, penting untuk merencanakan makan siang dengan benar untuk menurunkan berat badan secara efektif.

Anjurannya, kamu harus mengonsumsi 50 persen dari asupan kalori harian saat makan siang, 15 persen saat sarapan, 15 persen sebagai camilan, dan 20 persen saat makan malam.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya