#TanyaDokter: Kalau Sudah Caesar 3 Kali Apakah Berisiko Hamil Lagi?

dr Thomas Chayadi, Sp.OG
Sumber :
  • Dokumentasi Rumah Sakit pondok Indah

VIVA – Banyak ibu merasa khawatir memiliki anak lagi setelah sebelumnya sudah melahirkan tiga anak. Yang lebih mengkhawatirkan lagi, jika persalinan yang dilakukan tiga kali berturut-turut adalah persalinan caesar. 

Posko Mudik Perempuan Bisa Cek Kehamilan, Tekanan Darah Hingga Sedia Kondom! Catat Titiknya

Lalu, apakah berbahaya, jika berkeinginan hamil lagi dan ingin melahirkan kembali lewat proses caesar? Lewat #TanyaDokter di kanal VIVA.co.id edisi Agustus 2020 kali ini, VIVA menghadirkan dokter spesialis kebidanan dan kandungan. Pertanyaan ini akan dijawab oleh dr. Thomas Chayadi, Sp.OG – dokter spesialis kebidanan dan kandungan yang berpraktik di RS Pondok Indah – Puri Indah. Berikut Pembahasannya. 

Tanya: Kalau sudah cesar 3x apakah berisiko untuk ke-4? Sebaiknya bagaimana ya dok?

Ello Berbagi Kabar Gembira, Sang Istri Hamil Anak Kedua

Jawab: Memang dokter biasanya menganjurkan caesar itu sebaiknya dilakukan cukup tiga kali. Karena semakin sering Anda caesar, semakin Anda berisiko, baik terhadap kehamilan maupun pada proses persalinannya. 

Pertama, pada kehamilan sendiri, karena bekas caesar bisa menimbulkan rasa nyeri atau kontraksi, sehingga bayi harus dilahirkan secara prematur karena ibunya sudah merasa kesakitan. 

Viral Curhat Wanita Soal Janinnya yang Tiba-Tiba Hilang, Kok Bisa?

Baca Juga: 10 Kali Lebih Menular, Mutasi COVID-19 di Malaysia Makin Mamatikan

Kedua, karena rahimnya tipis dan sudah disayat berkali-kali, biasanya berisiko plasentanya lengket. Bila seperti itu maka proses persalinannya akan sulit dan bisa menimbulka komplikasi. Tapi apakah boleh caesar lagi, apabila masih ingin memiliki anak? Nah ini, ibu harus konsultasi dulu ke dokter. Bicarakan kepada dokter yang akan menolong perslinannya nanti. Kalau dokter yakin dan sanggup melakukan persalinan caesar yang keempat ya tidak masalah. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya