Jika Vaksin Tak juga Tersedia, Bagaimana Virus Corona Dihentikan?

Ilustrasi vaksin corona
Sumber :
  • Pixabay/viarami

VIVA – Dengan meningkatnya jumlah kasus COVID-19, sejumlah institusi di dunia berlomba-lomba untuk menemukan vaksin. Meski demikian, ada kemungkinan bahwa vaksin mungkin bukan upaya terbaik untuk pencegahan terhadap virus. Sebab sebuah temuan baru-baru ini dari Inggris menunjukkan bahwa 1 dari 6 orang mungkin menolak vaksinasi yang dapat meniadakan penyebaran massal.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Jadi, apa yang kita lakukan jika vaksin gagal menginokulasi massa? Atau lebih buruk lagi, apa yang akan kita lakukan jika kita tidak mendapatkan vaksin yang baik untuk melawan pandemi?

Baca juga: Studi: Kekebalan Tubuh Pasien Sembuh COVID-19 Ringan Tetap Kuat

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Saat ini, ada lebih dari 110 grup vaksin yang sedang dipersiapkan untuk pengembangan vaksin COVID-19. Sementara banyak dari vaksin berada dalam tahap pengujian awal (termasuk vaksin India), hanya 4 yang telah mencapai pengujian tahap III.  

Meski begitu, tak mungkin vaksin yang dikembangkan sedemikian cepat itu terbukti ampuh. Ada banyak celah dan skenario yang dapat menandai vaksin tidak aman untuk digunakan. Bahkan dengan vaksin yang digunakan, ada kemungkinan bahwa inokulasi massal mungkin hanya mencegah gejala dan tingkat keparahan tertentu atau hanya memberikan perlindungan terbatas.  

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Tidak ada kepastian bahwa vaksin dapat bekerja selamanya dalam memberantas penyakit. Jadi, menggantungkan harapan kita pada vaksin saja tidak akan menjadi taruhan aman. Apa yang selanjutnya kita lakukan?

Dilansir dari laman Times of India, vaksin mungkin terlihat lebih sederhana pada prinsipnya tetapi lebih kompleks dalam praktik dan penggunaannya.  Kemungkinan besar, vaksin virus corona tidak akan 100 persen efektif.

Sementara bulan lalu telah menyaksikan kemajuan yang menjanjikan dari dunia pembuat vaksin yang ambisius, garis waktunya lebih sulit untuk diuraikan.  Para ilmuwan juga mengatakan bahwa bahkan dalam penantian panjang untuk vaksin COVID, masyarakat tidak boleh berkonsentrasi pada bagian 'kapan' vaksin itu dapat digunakan, namun sebaliknya fokus pada menemukan vaksin yang efektif dan bisa diterapkan.

Apakah suatu vaksin dapat bekerja atau tidak bergantung pada skenario saat ini?

Garis waktu saat ini menunjukkan bahwa kota yang berbeda memuncak pada waktu yang berbeda. Meskipun COVID-19 mungkin tidak benar-benar hilang, ada kemungkinan wabah akan lebih terlokalisasi dan berubah menjadi endemik di masa depan.  Oleh karena itu, prioritas harus dibuat untuk menghindari infeksi ulang.

Sebelum vaksin menjadi kenyataan, seluruh dunia harus mengadopsi langkah-langkah yang bekerja untuk mencegah infeksi ulang. Mengidentifikasi orang-orang yang terpapar, pelacakan kontak, menjaga jarak yang aman, dan menerapkan karantina yang ketat bagi mereka yang telah terpapar, bersama dengan serosurve berulang dapat membantu membatasi penyebaran infeksi.  Para ilmuwan mengatakan bahwa negara-negara dengan tingkat virus korona terendah mempraktikkan ini dan langkah-langkah karantina yang berhasil telah membantu membatasi penyebaran COVID mendekati nol di beberapa tempat.

Tingkat kewaspadaan, isolasi, pengendalian dan deteksi infeksi yang ketat dapat menjadi kunci untuk mengalahkan COVID-19 saat ini maupun di masa depan.

Baca juga: Tipe Olahraga Ini Tingkatkan Risiko Tertular Virus Corona

Pengenalan obat antivirus, yang dapat digunakan untuk mengobati dan menurunkan komplikasi yang terkait dengan bentuk COVID-19 yang parah juga bisa menjadi tindakan yang lebih efektif daripada vaksinasi, saran beberapa ahli.  Hal itu lebih mudah dibuat dan jauh lebih efektif.  Pengobatan juga dapat membantu mereka yang berisiko, mereka yang melakukan vaksinasi tidak akan berhasil seperti orang tua, atau mereka yang secara medis tidak diizinkan untuk menggunakan vaksin.

Meskipun aliansi global dan badan kesehatan bekerja menuju distribusi vaksin yang adil, memiliki vaksin yang akan bekerja untuk semua orang juga dapat menghalangi fakta bahwa tidak semua negara memiliki akses perawatan kesehatan yang layak. Oleh karena itu, memastikan rintangan seperti ini idealnya menjadi pemeriksaan prioritas pertama sebelum tindakan sekunder seperti penerapan vaksin yang dipercaya dan aman.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya