Kucing Picu Toksoplasma, Bahayanya Sampai ke Otak

Ilustrasi kucing
Sumber :
  • Twitter @StreetCatBob

VIVA – Toksoplasma merupakan penyakit infeksi yang dipicu oleh parasit yang berasal dari hewan. Jika menginfeksi manusia, bukan tak mungkin toksoplasma bisa memicu bahaya pada otak.

5 Penyakit yang Rentan Menyerang Kucing Peliharaan

Dokter Spesialis penyakit dalam, dr. Adityo Susilo SpPD, dalam acara Hidup Sehat, tvOne, menuturkan bahwa parasit pemicu toksoplasma umumnya membutuhkan host atau tempat untuk bernaung. Biasanya, host yang dipilih adalah hewan seperti kucing.

"Tersering adalah kucing, mungkim ada hewan lain. Toksoplasma senang hidup di saluran pencernaan kucing ini," kata dia, Selasa 18 Agustus 2020.

Di Kanada Peluk Kucing Digaji Rp 100 Juta, Minat Daftar?

Lebih lanjut, parasit toksoplasma yang menetap di saluran cerna akan ikut keluar bersamaan dengan kotoran hewan. Jika kotoran yang mengandung parasit tersebut terhirup atau tidak sengaja termakan, maka bisa picu penyakit.

Baca juga: Ibu Hamil Jangan Sentuh Hewan Peliharaan, Ini Bahayanya

5 Fakta Penting tentang Penyakit FLUTD pada Kucing

"Saat keluarkan kotoran, maka ookista (media penularan parasit) ikut keluar. Kalau enggak sengaja termakan bisa picu penyakit pada manusia. Kebiasaan makan daging mentah itu juga ada ookista dan menginfeksi pada manusia," tuturnya.

Pada dasarnya, kata dokter Adityo, toksoplasma bisa dihalau dengan imunitas tubuh yang tinggi. Namun, jika imunitas tubuh rendah, bisa menimbulkan bahaya hingga menginfeksi otak.

"Kalau imunitas tinggi, (parasit) bisa dikurung tubuh. Kalau imunitas rendah seperti, maaf, penderita HIV maka toksoplasma bisa berkelanjutan dan bisa naik sampai ke otak," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya