Vaksin Novavax COVID-19 Siap Uji Klinis Pada Pasien HIV

Ilustrasi vaksin virus corona
Sumber :

VIVA – Perusahaan bioteknologi Novavax akan segera memulai uji klinis tahap kedua untuk vaksin COVID-19. Uji klinis ini nantinya akan dilakukan pada sekelompok orang dewasa di Afrika Selatan.

COVID-19 di Jakarta Naik Lagi, Total Ada 365 Kasus

Dikutip dari laman Live Science, pada uji klinis fase 2 ini akan mencakup sekelompok 2.665 orang dewasa sehat di Afrika Selatan, serta 240 orang dewasa dengan HIV. Pemilihan orang dengan HIV dianggap sebagai kondisi stabil secara medis tetapi respons kekebalannya mungkin berbeda dari orang tanpa HIV, sehingga bisa menjadi acuan.

Adapun, kelompok advokasi HIV telah mendorong penelito agar orang dengan HIV dimasukkan dalam uji klinis untuk vaksin COVID-19. Hal tersebut karena perusahaan seperti Moderna dan Pfizer pada awalnya mengatakan mereka akan mengeluarkan sukarelawan dengan infeksi tersebut.

Kasus COVID-19 di DKI Jakarta Naik Sejak November 2023

Saat ini, dalam uji coba keamanan fase 1 sebelumnya dari vaksin Novavax, sukarelawan sehat yang diberi dua dosis vaksin hanya menunjukkan efek samping ringan, seperti sakit kepala, kelelahan, dan nyeri tekan atau nyeri di tempat suntikan, menurut laporan yang diposting 6 Agustus kepada server pracetak medRxiv.

Baca juga: Ibu Hamil Jangan Sentuh Hewan Peliharaan, Ini Bahayanya

Pakar Imbau, Waspadai Pandemi Disease X, Mematikan Dibanding COVID-19

Menurut data awal ini, yang belum ditinjau oleh rekan sejawat, semua peserta fase 1 juga menghasilkan antibodi penetral, yang dapat mencegah virus memasuki sel, setelah menerima dosis kedua vaksin. Novavax akan terus mengevaluasi respons imun ini dalam uji coba fase 2 di Afrika Selatan, serta uji coba fase 2 lagi yang akan diselenggarakan di AS dan Australia dalam waktu dekat.

Pemilihan Afrika Selatan bukan tanpa sebab. Negara tersebut sedang mengalami lonjakan penyakit COVID-19 di musim dingin. 

"Sehingga uji klinis Tahap 2 ini penting dan berpotensi untuk memberikan indikasi awal kemanjuran, bersama dengan data keamanan dan imunogenisitas tambahan untuk [vaksin]," ujar Dr. Gregory Glenn, selaku Presiden penelitian dan pengembangan di Novavax, 

Baca juga: Heboh Aktris Hollywood Alicia Silverstone Makan Tempe Goreng

Hingga kini, Afrika Selatan adalah negara yang terkena dampak terburuk kelima di dunia dalam hal kasus COVID-19 dan kematian terkait, dengan 583.653 kasus yang dilaporkan dan 11.677 kematian pada 17 Agustus.

Uji coba Novavax di Afrika Selatan akan didanai oleh The Bill & Melinda Gates Foundation, yang memberikan hibah US$15 juta, dan The Coalition for Epidemic Preparedness Innovations (CEPI), yang menyediakan dana untuk memproduksi dosis vaksin yang diperlukan untuk uji coba tersebut.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya