Kenali 4 Tanda Sistem Tubuh Menurun

Sistem imun tubuh.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Kita tahu bahwa sistem imunitas memiliki peranan penting dalam menjaga dari serangan virus dan bakteri seperti Virus COVID-19 yang melanda di dunia. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kekebalan tubuh dengan makan sehat dan menjalani gaya hidup sehat.

Kenali Manfaat dan Pentingnya Imunisasi Lengkap untuk Anak

Namun, belakangan ini dengan meningkatnya kasus COVID-19 membuat masyarakat semakin menjaga sistem imun mereka. Mengingat berdasarkan penelitian, orang yang memiliki sistem kekebalan yang lebih lemah rentan terkena infeksi virus corona baru.

Maka dari itu penting, mengevaluasi kesehatan sistem kekebalan Anda. Berikut ini empat tanda yang dapat membantu mengevaluasi kesehatan sistem kekebalan tubuh seperti dilansir dari laman Times of India.

Daun Pepaya vs Kanker: Senjata Rahasia Alam Melawan Penyakit Ganas

Sering sakit dan butuh waktu lebih lama untuk sembuh

Sering sakit adalah salah satu tanda kekebalan tubuh menurun.  Memiliki sistem imun yang lemah membuat tubuh sulit untuk menangkal bakteri, jamur, virus berbahaya, akibatnya Anda menjadi lebih rentan terkena infeksi.

Mengungkap 5 Manfaat Tak Terduga dari Bawang Putih, Bisa Cegah Potensi Kanker

Baca juga: Hot Banget, 5 Wanita dengan Zodiak Ini Cenderung Kasar di Ranjang

Menurut para ahli, jika Anda kedinginan lebih dari tiga kali dalam setahun dan membutuhkan waktu lebih lama untuk sembuh, bisa menjadi indikasi bahwa sistem kekebalan Anda tidak berfungsi dengan baik. Hal yang sama berlaku untuk semua jenis luka yang membutuhkan waktu lebih lama untuk sembuh.  

Menurut laporan American Academy of Allergy Asthma and Immunology, jika Anda harus minum lebih dari dua rangkaian antibiotik dalam setahun dan bahkan infeksi bakteri sederhana ternyata parah untuk Anda, Anda mungkin menderita gangguan imunologi dan Anda harus berkonsultasi ke dokter.

Merasa sangat lelah

Jika Anda merasa lelah bahkan setelah tidur lebih lama, itu bisa menjadi tanda bahwa sistem kekebalan sedang menurun.  Sistem kekebalan yang lemah membutuhkan lebih banyak energi daripada biasanya.  Tubuh akan membutuhkan lebih dari tingkat energi normal untuk terus melawan infeksi.  Akibatnya, Anda mungkin merasa lelah sepanjang waktu.

Masalah perut

Menurut Universitas John Hopkins, sebagian besar sistem kekebalan tubuh terletak di usus kita. Saluran gastrointestinal kita memiliki bakteri baik yang melepaskan antibodi untuk melawan infeksi. 

Dengan demikian, jika terjadi ketidakseimbangan pada bakteri di usus, Anda akan lebih mudah tertular infeksi.  Hal ini juga membuat seseorang rentan terhadap penyakit autoimun dan berbagai kondisi peradangan lainnya. 

Bakteri usus juga berperan besar dalam pencernaan.  Jadi, jika Anda sering mengalami masalah perut seperti diare atau sembelit, itu bisa jadi pertanda Anda memiliki sistem kekebalan yang lemah.

Sariawan

Sering mengalami sariawan bisa menjadi indikasi sistem kekebalan yang lemah. Stres juga dapat menyebabkan sariawan, yang juga merupakan tanda sistem kekebalan yang melemah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya