Mukjizat, Pria Ini Sembuh dari COVID-19 Usai Koma 4 Bulan

Fransisco Garcia
Sumber :
  • AsiaOne

VIVA – Sebuah mukjizat dialami oleh seorang penduduk Los Angeles, Fransisco Garcia. Fransisco Garcia yang dinyatakan positif COVID-19 dan sempat mengalami koma berhasil sembuh usai menjalani empat bulan perawatan di rumah sakit.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Garcia pun menceritakan awal mula dirinya terpapar COVID-19 dan hampir meregang nyawa. Pada April lalu Garcia dinyatakan positif COVID-19. Pria 31 tahun itu kemudian menghindari meninggalkan rumah karena takut membawa virus itu ke keluarganya, sebab sang ibu diketahui menderita kanker dan saudara perempuannya menderita lupus.

Garcia menjelaskan awalnya dia hanya memiliki gejala ringan yakni demam dan sakit kepala, namun kondisi Garcia memburuk dengan cepat.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

"Beberapa hari kemudian, saya tidak bisa bernapas banyak dan saya merasa seperti mengalami serangan panik. Kakak saya menelepon paramedis dan mereka membawa saya ke rumah sakit,” katanya dalam sebuah wawancara yang dikutip dari Asiaone. 

Dijelaskannya, dia tidak ingat pernah kesakitan. Yang bisa dia ingat hanyalah berada di rumah sakit dekat rumahnya.  Kemudian dia terbangun di rumah sakit yang berbeda dengan selang yang dimasukkan ke hidungnya. Keluarga Garcia hanya bisa pasrah saat anak laki-lakinya dipindahkan di ke rumah sakit yang berbeda. 

PM Singapura Lee Hsien Loong Mundur dari Jabatan, Ini Sosok Penggantinya

“Di rumah sakit kedua, mereka hanya memberi tahu ayah saya bahwa satu-satunya alasan dia masih hidup adalah karena obat yang mereka berikan kepadanya,” kata saudara perempuan Garcia, Lorena.

Kemudian dua atau tiga hari berselang, Garcia mengeluarkan darah dari otaknya. Akibatnya Garcia mengalami koma selama beberapa waktu yang lama. Melihat kondisi itu, dokter merekomendasikan kepada keluarganya agar mereka mencabut alat bantu yang dipasang di tubuh Garcia. Namun ibu dan adiknya tidak pernah putus asa, hingga akhirnya dia bangun setelah empat bulan lamanya dirawat. 

“Hanya mengetahui bahwa ibu dan saudara perempuan saya sakit ... dan saya tidak bisa berbuat apa-apa.  Itu menyakiti saya," katanya sambil menahan air mata.

Usai empat bulan menjalani perawatan, akhirnya Garcia bisa sembuh dan keluar rumah sakit dua minggu yang lalu. Garcia pun mengungkapkan ingin kehidupan lamanya kembali.

“Sebelum semua ini terjadi, saya adalah anak yang aktif.  Saya akan pergi bermain bola basket, pergi hiking, dan bersepeda. Mulai sekarang, saya akan melakukan segala kemungkinan untuk melanjutkan hidup saya dan melakukan semua yang saya bisa untuk memperbaiki hidup saya dan juga kehidupan keluarga saya," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya