Vitamin D Bisa Bantu Pangkas Lemak dan Hilangkan Perut Buncit

ilustrasi perut rata, perut buncit, diet
Sumber :
  • Pixabay/ Public Domain Pictures

VIVA – Memiliki perut buncit tentu saja sangat mengganggu. Selain menurunkan rasa percaya diri, perut buncit juga menyulitkan Anda dalam memilih pakaian.

Olahraga Ini Ampuh Bakar Lemak Opor dan Rendang, Bye-bye Perut Buncit!

Tentu untuk mendapatkan perut rata, Anda pasti melakukan sejumlah olahraga yang berfokus pada perut. Namun, tidak hanya itu saja, mengatur asupan mikronutrien ternyata juga dapat membantu mengecilkan perut.

Baca Juga: Studi Buktikan Pria Perut Buncit Lebih Tahan Lama di Ranjang

Dokter Ungkap Penyebab Tulang Jadi Keropos, Salah Satunya Jarang Aktivitas Fisik

Berdasarkan sebuah penelitian, ada mikronutrien tertentu yang berperan penting dalam mengecilkan lingkar pinggang Anda.

Dilansir dari laman Times of India, Jumat, 21 Agustus 2020, salah satu mikronutrien yang dapat membantu mengecilkan perut adalah vitamin D. Bukan hanya dapat membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi saja, vitamin D juga disebut dapat memangkas lemak perut, seperti yang diungkapkan dalam dalam presentasi di pertemuan European Society of Endocrinology di Barcelona. 

Kenapa Perut Buncit Banyak Terjadi Pada Pria dan Wanita di Atas 35 Tahun?

Penelitian ini melibatkan sekitar 7.000 orang di Epidemiologi Obesitas Belanda. Setelah mengamati data dengan cermat, mereka sampai pada kesimpulan bahwa orang dengan tingkat lemak perut tertinggi memiliki tingkat vitamin D terendah.

Namun, jumlah pasti kekurangan vitamin D, yang menyebabkan perut buncit, tidak ditentukan dalam penelitian tersebut. Tapi itu dengan jelas menetapkan hubungan antara keduanya.

Ini bukan pertama kalinya asupan vitamin D dan lemak perut dikaitkan satu sama lain.  Sebelumnya, dilaporkan bahwa meningkatkan asupan vitamin D dapat membantu menghilangkan lemak di perut.  Namun, lebih banyak studi diperlukan untuk ini sebelum membuat klaim yang solid.

Sinar matahari adalah sumber Vitamin D terbaik dan tidak ada yang bisa menggantikannya. Namun, ada beberapa jenis makanan yang mengandung vitamin D yang bisa dikonsumsi jika Anda tidak bisa mendapatkan cukup nutrisi dari sinar matahari. Beberapa makanan tersebut antara lain okra, bayam, kedelai, kacang putih, ikan salmon, ikan tuna hingga kuning telur.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya