Ilmuwan Berhasil Pecahkan Kode Rusaknya Paru-paru Akibat COVID-19

Ilustrasi vaksin
  • Pixabay/pearson0612

VIVA – Menggunakan teknik baru yang memungkinkan pencitraan resolusi tinggi di jaringan paru-paru yang rusak. Para ilmuwan telah menemukan perubahan yang disebabkan oleh COVID-19 yang parah pada struktur pembuluh darah dan kantung udara organ.

Luar Dalam Bulan Akhirnya Terkuak

Temuan ini dapat mendukung pengembangan metode pengobatan baru untuk melawan penyakit tersebut.

Dalam studi yang dipublikasikan di jurnal eLife, para ilmuwan mengembangkan teknik sinar-X baru yang memungkinkan pencitraan jaringan paru-paru beresolusi tinggi dan 3 dimensi, yang terinfeksi virus corona SARS-CoV-2.

Perburuan Alien Belum Usai, Kawan

Dengan menggunakan metode baru, para peneliti, termasuk dari Universitas Gottingen di Jerman, mengamati perubahan signifikan pada pembuluh darah, peradangan dan pengendapan protein serta sel mati di dinding kantung udara kecil paru-paru yang disebut alveoli.

Mereka mengatakan, perubahan ini membuat pertukaran gas oleh organ menjadi sulit atau tidak mungkin.

Samudra Tersembunyi Ditemukan di Perut Bumi, Tiga Kali Lebih Besar dari Lautan Biasa

Baca juga: Aurel Mulai Buka Blak-blakan Soal Polemiknya dengan Krisdayanti

Menurut para ilmuwan, pendekatan pencitraan baru memungkinkan perubahan ini divisualisasikan untuk pertama kalinya dalam volume jaringan yang lebih besar, tanpa memotong atau merusak jaringan.

Menurut mereka, itu sangat cocok untuk melacak pembuluh darah kecil dan cabangnya dalam 3 dimensi, melokalisasi sel dari sistem kekebalan yang ada di tempat peradangan, dan mengukur ketebalan dinding alveolar.

Karena rekonstruksi tiga dimensi jaringan paru-paru, para peneliti mengatakan data tersebut juga dapat digunakan untuk mensimulasikan pertukaran gas di dalam organ.

Karena sinar-X menembus jauh ke dalam jaringan, mereka mengatakan para ilmuwan dapat menggunakan metode tersebut untuk memahami hubungan antara struktur jaringan mikroskopis dan fungsi organ yang lebih besar.