Lagi, Oxford Uji Klinis Vaksin Corona dengan Teknologi Terbaru

Vaksin corona
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Vaksin COVID -19 eksperimental yang sedang dikembangkan oleh Universitas Oxford dikabarkan akan memulai uji klinis dalam waktu dekat. 

Microsoft Rekrut Tokoh Muslim yang 'Drop Out' dari Oxford

Para peneliti mengatakan pihaknya telah menciptakan pendekatan "khusus laser", menggunakan pemodelan komputer 3D. Teknologi ini diketahui dapat menargetkan bagian kanan virus yang dapat meluncurkan antibodi penetral untuk memblokir infeksi dan menghilangkan sel yang terinfeksi.

"Jika antibodi dipicu di bagian virus yang salah, itu dapat memicu respons kekebalan yang buruk yang menyebabkan kasus COVID-19 yang mengancam jiwa," kata para ahli seperti dikutip dari laman Mirror

Geger Telur Ayam Berumur 1.700 Tahun Ditemukan, Berisi Hal Seram Ini

Kepala Laboratory of Viral Zoonotics di Cambridge University, dan pendiri DIOSynVax, Profesor Jonathan Heeney, mengatakan saat ini pihaknya sedang mencari celah di pelindungnya, bagian penting dari virus yang dapat digunakan untuk membuat vaksin untuk mengarahkan kekebalan respon ke arah yang benar.

Baca juga: WHO Umumkan 3 Kriteria Orang yang Diprioritaskan Dapat Vaksin COVID-19

Kirim Uang ke Luar Negeri Lewat BRImo, Memudahkan Lanjut S2 di Kampus Terbaik Dunia

“Pada akhirnya kami bertujuan untuk membuat vaksin yang tidak hanya akan melindungi dari SARS-CoV-2, tetapi juga virus corona terkait lainnya yang dapat menyebar dari hewan ke manusia,” jelas dia.

Uji coba vaksin ini akan berlangsung di National Institute for Health Research (NIHR) di Southampton dan dapat dimulai sedini mungkin pada musim gugur.

Di sisi lain, calon vaksin COVID-19 lainnya yang dikembangkan oleh Universitas Oxford dan AstraZeneca dikabarkan akan mengajukan evaluasi ke pihak regulator pada akhir tahun ini. Direktur Oxford Vaccine Group, Profesor Andrew Pollar, mengatakan langkah signifikan dapat dilakukan jika tim dapat mengumpulkan cukup data dalam uji klinis.

Optimismenya muncul setelah kepala petugas medis Inggris Profesor Chris Whitty memperingatkan bahwa vaksin COVID-19 mungkin tidak tersedia hingga musim dingin mendatang.

“Saya pikir Chris Whitty sangat berhati-hati, bahwa perlu waktu selama itu untuk pertama-tama mendemonstrasikan vaksin yang berfungsi dan aman dan kemudian melalui proses regulator  melihatnya dengan sangat hati-hati untuk memastikan semuanya dilakukan dengan benar," kata Prof Pollard mengatakan kepada program Today BBC Radio 4

Dia melanjutkan, "Mungkin juga jika kasus bertambah dengan cepat dalam uji klinis sehingga kami dapat memiliki data itu untuk diajukan ke regulator tahun ini, dan kemudian akan ada proses yang mereka lalui untuk membuat penilaian lengkap terhadap data, ” tambah dia. 

Pollard mengatakan waktunya sangat tergantung pada jumlah kasus yang terjadi dalam beberapa minggu dan bulan mendatang.

Baca juga: Catat, Ini 4 Syarat Tempat Wisata Aman Dikunjungi Saat Pandemi

Vaksin Oxford menunjukkan janji awal dalam percobaan manusia pertama ketika menghasilkan respons kekebalan, menggarisbawahi posisinya sebagai salah satu kandidat utama dalam perlombaan untuk menghasilkan vaksin melawan penyakit yang telah melumpuhkan ekonomi global.

Sekitar 20.000 orang telah terlibat dalam uji coba di Inggris, Brasil, dan Afrika Selatan, dengan raksasa farmasi AztraZeneca bertujuan untuk mendaftarkan 30.000 orang di AS.

Uji coba tersebut menjadi berita utama ketika pemerintahan Trump sedang mempertimbangkan pelacakan cepat vaksin untuk digunakan di Amerika Serikat menjelang pemilihan pada November mendatang. 

Tetapi Downing Street mengatakan vaksin hanya akan tersedia setelah disetujui oleh regulator Inggris dan Inggris telah menandatangani kesepakatan untuk mendapatkan akses pertama ke suntikan tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya