Jubir Satgas COVID-19 Klaim Nonton Bioskop Ampuh Tingkatkan Imunitas

Ilustrasi bioskop/menonton film.
Sumber :
  • Freepik/freepik

VIVA – Sempat tertunda, kini kabar bahwa bioskop di Ibukota akan kembali dibuka memberi angin segar di tengah Pandemi COVID-19. Bukan semata untuk membantu menghidupkan kembali roda ekonomi, nyatanya bioskop dinilai mampu meningkatkan imunitas.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Menonton bioskop disebut menjadi salah satu hiburan yang lumrah dilakukan untuk meningkatkan suasana hati. Dengan begitu, rasa bahagia tersebut berkaitan erat pada kekebalan tubuh terhadap serangan penyakit.

"Imunitas bisa meningkat karena bahagia, atau suasana mental fisik dari penonton dan masyarakatnya juga ditingkatkan. Bioskop cinema salah satu kontributor," ujar Juru Bicara Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito dalam konferensi pers virtual di YouTube BNPB, Rabu 26 Agustus 2020.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Baca Juga: Dibuka Lagi, Waktu di Bioskop Cuma Boleh 2 Jam

Senada, Gunernur DKI Jakarta Anies Baswedan menganggap pembukaan bioskop memberi manfaat pada masyarakat untuk mendapatkan hiburan. Terlebih, konsep bioskop sangat berbeda dengan restoran atau kafe.

"Ini berbeda dengan di restoran di kafe di mana satu sama lain justru saling ngobrol kalau di bioskop justru semua diam dan kalaupun ada percakapan-percakapan itu antara orang yang kenal," tutur Anies.

PM Singapura Lee Hsien Loong Mundur dari Jabatan, Ini Sosok Penggantinya

Namun, Anies menegaskan agar protokol kesehatan tetap dijalankan. Prof Wiku berujar, kelompok tertentu yang rentan ada keparahan gejala COVID-19 sebaiknya tidak berkunjung ke bioskop untuk sementara.

Baca Juga: Sinopsis Beyond the Reach, Tutupi Kejahatan dengan Imbalan Besar

Kami menyarankan bahwa pengunjung untuk bioskop dan cinema mengingat adanya faktor risiko yang ada di masyarakat kami sarankan yang datang adalah masyarakat dengan usia tentang di atas 12 tahun dan di bawah 60 tahun dan tidak memiliki penyakit penyerta lainnya seperti penyakit jantung, kencing manis, penyakit paru, penyakit ginjal, dan penyakit imunitas lainnya,” ujar Wiku.

“Selain itu harus dalam kondisi sehat tidak ada gejala batuk, demam lebih dari 38 derajat celcius, sakit tenggorokan pilek atau flu, bersin dan sesak nafas dan ini harus dijalankan dengan protokol yang ketat,” tambahnya.

Tak hanya itu saja, nantinya selama menonton pengunjung pun tak boleh makan dan minum dan selalu menggunakan masker dari sejak awal sampai dengan selesai dan tentunya pembatasan waktu di dalam ruangan bioskop cinema dijaga.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya