Bawang Putih Ampuh Turunkan Tekanan Darah dan Diabetes, Ini Resepnya

Bawang putih.
Sumber :
  • Freepik/Racool_studio

VIVA – Bawang putih kerap digunakan sebagai bumbu berbagai masakan. Tapi lebih dari itu, selain fungsinya sebagai penyedap makanan, bumbu dapur satu ini juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Sederet Tips Jitu untuk Turunkan Berat Badan Setelah Lebaran

Salah satu yang banyak dibicarakan, bawang putih disebut-sebut dapat menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi. Ternyata, itu bukan mitos belaka. Ahli Herbal, dr. Muthaharrah, M.Si, turut membenarkan hal tersebut. Apa alasannya?

Baca Juga: Konsumsi Bawang Putih Selama Hamil, Amankah?

Harga Bawang Putih Rp 60 Ribu di Sulteng, Jokowi: Ini yang Agak Mahal, tapi Secara Umum Baik

"Karena di dalam bawah putih itu ada kandungan yang bernama allicin yang berfungsi untuk melebarkan pembuluh darah. Jadi, tekanan darah dapat diturunkan," ujarnya dalam tayangan Hidup Sehat Plus di tvOne, Jumat, 28 Agustus 2020.

Tapi, dokter Muthaharrah turut memperingatkan, pengobatan dengan bawang putih hanya untuk orang-orang yang tekanan darahnya tidak terlalu tinggi. Kalau yang sudah tinggi sekali, harus dengan pengobatan medis.

Daftar Harga Pangan 26 Maret 2024: Bawang, Daging Sapi, hingga Telur Ayam Naik

Bawang putih.

Bagaimana jika dikombinasikan antara bawang putih dengan pengobatan medis? "Kalau dikombinasikan bisa, tapi harus dikonsultasikan dengan dokter yang merawat," lanjut dia.

Selain menurunkan tekanan darah, Muthaharrah mengatakan kalau bawang putih juga baik dikonsumsi untuk penderita diabetes. Hal itu karena, bawang putih mengandung zat aktif yang dapat menstimulasi pankreas untuk menghasilkan insulin.

"Kita tahu bahwa kencing manis atau diabetes mellitus mengapa dia gulanya tinggi, karena produksi insulin tidak mencukupi, sehingga gula dalam peredaran darah meningkat," kata dia.

Sama seperti hipertensi, bawang putih juga hanya bisa digunakan jika gula darah di dalam tubuh kadarnya tidak terlalu tinggi. Sebaliknya, jika sudah tinggi, harus menggunakan obat medis. Muthaharrah turut memberikan resep berbahan dasar bawang putih untuk menurunkan tekanan darah.

"Tips menggunakan bawang putih harus dihaluskan, sampai baunya tercium menyengat. Kemudian didiamkan sebentar baru diolah. Kalau untuk hipertensi atau menurunkan tekanan darah, kita butuh 3 siung bawang putih yang sudah ditumbuk, tambahkan air secukupnya satu atau dua sendok makan, kemudian diperas. Ditambahkan madu boleh, tidak juga enggak apa-apa. Lalu, konsumsi sehari sekali," tuturnya.

Muthaharrah menyarankan, sebaiknya konsumsi ramuan tersebut setelah makan, karena bawang putih memiliki efek samping terhadap lambung. Selain menurunkan tekanan darah dan diabetes, bawang putih juga baik untuk jantung, mengatasi masalah pada pembuluh darah, mencegah Alzheimer’s, menjaga kesehatan tulang dan gigi, serta mencegah kanker.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya