Mobile Lab Bio Safety Anak Bangsa Tingkatkan Kapasitas Uji COVID-19

Ilustrasi virus corona/COVID-19/laboratorium.
Sumber :
  • Freepik/freepik

VIVA – Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) bersama Task Force Riset & Inovasi Teknologi untuk penanganan COVID-19 (TFRIC-19) baru saja mewujudkan sebuah inovasi, yaitu membangun Mobile Laboratorium Bio Safety Level 2 (BSL-2).

Keuskupan Agung Jakarta Sebut Paus Fransiskus Akan Kunjungi Indonesia September 2024

Mobile Laboratorium Bio Safety Level 2 (BSL-2) ini diklaim mempunyai kapasitas pemeriksaan SWAB sekitar 120 spesimen per 12 jam dan dilengkapi dengan 2 swab chamber, sehingga sampel virus corona dapat segera dianalisis tanpa perlu mengirimkan sampel ke pusat atau ke kota yang lebih besar.

Baca Juga: BPOM Tarik 5.800 Produk, Termasuk Suplemen COVID-19

Menkes: Implementasi Nyamuk Ber-Wolbachia untuk Tanggulangi Dengue Mulai Bergulir

Demi upaya meningkatkan kapasitas uji COVID-19, Mobile Laboratorium Bio Safety Level 2 (BSL-2) akan didistribusikan ke daerah-daerah di Indonesia. Dalam hal ini, Yayasan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Bank Negara Indonesia (BNI) bekerja sama untuk mendistribusikan ke salah satu daerah di Indonesia, yaitu Palembang, Sumatera Selatan.

“Mobile Lab Bio Safety Level 2 ini harus segera didistribusikan ke daerah-daerah di Indonesia, dan untuk saat ini kami dari Yayasan BUMN yang di-support oleh BNI akan melakukan pengiriman jalur darat ke Palembang pada Senin besok. Nah, hari ini serah terima mobile Lab Bio Safety Level 2 melalui simbolis.” Kata Harjawan Balaningrath, Kepala Yayasan BUMN di acara serah terima, Mingggu, 30 Agustus 2020.

Kapten Vincent Kena Flu Singapura Sampai Bernanah: Lebih Sengsara dari COVID!

Mobile Lab Bio Safety.

Mobile Laboratorium Bio Safety Level 2 rencananya akan beroperasi di Rumah Sakit Pertamina Plaju Palembang melalui PT Pertamina Bina Medika-IHC (Pertamedika-IHC).

Harjawan juga mengatakan bahwa pengiriman Mobile Lab Safety Level 2 ke Rumah Sakit Pertamina Plaju pasti penuh tantangan dengan risiko kerusakan, karena menggunakan jalur darat. Namun, hal tersebut tidak menjadi huntuk membantu daerah yang sangat membutuhkan. 

Serah terima Mobile Laboratorium Bio Safety Level 2 dilakukan oleh BPPT kepada Yayasan BUMN dan BNI yang nantinya akan diserahkan kepada PT Pertamina Bina Medika-IHC (Pertamedika-IHC) pada Minggu, 30 Agustus 2020 di Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan, Banten.

Dalam acara serah terima tersebut juga dilaksanakan swab test virus corona atau COVID-19 gratis untuk masyarakat umum donasi dari BNI 46 dan turut hadir Menteri Riset & Teknologi, Menteri BUMN, Walikota Tangerang Selatan dan beberapa pejabat lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya