Dibanding Antibiotik, Madu Disebut Lebih Ampuh Sembuhkan Batuk Pilek

manfaat menakjubkan dari madu
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Sekelompok ilmuwan dari Universitas Oxford melakukan penelitian untuk mengetahui kekuatan sebenarnya dari madu murni. Bisakah kita menggunakan madu sebagai pengganti obat antibiotik konvensional?

Penyanyi Hizrah yang Sempat Viral Kini Sukses Jadi Milyarder di Bisnis Herbal

Menurut hasil temuan terbaru, madu sama efektifnya dengan antibiotik dalam mengatasi batuk dan pilek. Peneliti meninjau studi dan membandingkan manfaat yang diberikan madu. Mereka mengukur kekuatannya sebagai penekan batuk, antihistamin, dan obat penghilang rasa sakit.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa madu tidak memiliki efek samping. Bahkan, madu lebih efisien dalam mengobati gejala flu biasa dibanding obat lain, demikian menurut Healthy Food House.

Penyanyi Bro Hizrah yang Sempat Viral Kini Sukses Jadi Milyarder di Bisnis Herbal

Baca juga: Dibanding Antibiotik, Madu Disebut Lebih Ampuh Sembuhkan Batuk dan Pilek

Madu dapat meredakan batuk hingga 44 persen. Nektar lebah ini 36 persen lebih efektif dalam mengurangi frekuensi batuk dibandingkan obat lain. Para ilmuwan menemukan bahwa madu dapat memperpendek masa pemulihan infeksi saluran pernapasan bagian atas. Peneliti Oxford, meninjau 14 studi yang melibatkan 1761 peserta.

10 Makanan yang Menjadi Favorit Nabi Muhammad SAW

"Madu dikaitkan dengan penurunan yang lebih besar secara signifikan pada skor gejala gabungan, frekuensi batuk dan keparahan batuk," tulis artikel yang diterbitkan di British Medical Journal itu.

Baca juga: Bercinta Sambil Duduk, Paha Bisa Bergetar Hebat Sampai Klimaks

Madu dapat mempersingkat gejala hingga dua hari. Tapi jangan lupa, madu adalah zat yang kompleks dan memiliki banyak jenis yang berbeda. Setiap jenisnya memberikan efek yang berbeda.

"Madu adalah obat awam yang sering digunakan dan dikenal banyak oleh pasien. Madu juga murah, mudah didapat, dan memiliki efek samping yang terbatas," kata penelitian itu.

Madu aman digunakan, tetapi perlu dihindari jika kamu memiliki alergi terhadap madu. Bayi di bawah satu tahun juga tidak disaranakan untuk mengonsumsinya.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya