Agar Gula Darah Terkontrol, 3 Hal Ini Harus Dijaga Penderita Diabetes

makanan untuk penderita diabetes
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Penyandang diabetes sebenarnya bisa hidup seperti orang normal pada umumnya. Asal, bisa mempertahankan gaya hidup sehat, agar gula darahnya terkontrol, tidak naik terlalu tinggi atau sebaliknya. 

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

Salah satu hal yang wajib diperhatikan para penderita diabetes adalah pola makan yang teratur. Tidak hanya memerhatikan apa yang boleh dan tidak untuk dikonsumsi, tapi juga memerhatikan tiga hal berikut ini. 

"Yang harus diperhatikan pada penyandang diabetes ada tiga. Yang pertama jenis makanannya, kedua jumlahnya, dan juga jadwal makannnya," ujar Spesialis Gizi Klinik, dr Feni Nugraha, M.Gizi, Sp.GK, dalam program Hidup Sehat di tvOne, Selasa 1 September 2020. 

Segar dan Wangi, Inilah Khasiat Daun Mint untuk Penderita Diabetes

Baca juga: 5 Ikan Cupang Termahal di Dunia, Harganya Bikin Melongo

Dokter Feni menjelaskan, untuk jenis makanan, pemilihannya adalah karbohidrat kompleks yang mengandung indeks glikemik rendah. Selain itu, penderita diabetes juga tidak boleh mengonsumsi makanan yang digoreng dan tinggi gula. 

5 Penyakit yang Sering Mengintai Usai Lebaran, Jangan Terlena Makan Opor dan Kue Kering!

"Kemudian untuk jumlahnya harus sesuai dengan kebutuhan. Kalau ingin dihitung untuk penyandang diabetes, mungkin boleh konsultasi dengan dokter gizi terlebih dahulu," lanjut dia. 

Sedangkan yang tak kalah penting adalah jadwal makannya. Diabetesi, sebutan untuk penyandang diabetes, harus memiliki jadwal makan yang pasti. Dalam sehari, diabetesi harus membagi menjadi tiga kali jadwal makan utama dan tiga kali selingan. Kenapa?

Baca juga: Waspada, Diabetes Mulai Menyerang di Usia 18 Tahun

 "Untuk mencegah gula darah yang terlalu tinggi, atau bahkan misalnya bagi mereka yang dibagikan obat untuk penurun gula darah atau insulin. Kalau mereka melewatkan makan, takutnya gula darahnya akan turun atau drop. Dan itu tidak baik," kata dia. 

Feni menuturkan, untuk sarapan ada batasannya. Untuk makan pagi, disarankan sekitar jam 7 - 9, dengan selingan makan jam 10 atau 11. Kemudian, makan siang antara jam 12 sampai jam 2. Lalu, untuk selingan sore sekitar jam 4 - 5. Sedangkan untuk makan malam, antara jam 6 atau 7. 

"Sama hati-hati harus ada selingan malam, terutama bagi mereka yang diberikan insulin, karena ditakutkan ketika tidak makan malam, takutnya gula darahnya ketika pagi hari akan drop," tutur Feni Nugraha.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya