Waspada Komplikasi Penyakit Gula yang Renggut Nyawa Idan Separo

Idan Separo
Sumber :
  • VIVA/ Vlix

VIVA – Komedian dari grup lawak Separo, Idan Separo meninggal dunia pada Rabu, 2 September 2020. Idan meninggal dunia pada pukul 16.45 WIB di Rumah Sakit Mekarsari Bekasi, Jawa Barat setelah menjalani perawatan. 

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

Personal Manajer Daus Separo, Lucky Daries sempat mengungkapkan soal riwayat sakit yang diderita Idan. Menurut ceritanya, Idan sudah cukup lama mengidap penyakit gula. Bahkan penyakitnya itu telah menyerang jantung dan paru-paru. 

Baca Juga: Penyakit Gula Penyebab Kematian Idan Separo, Kenali 4 Gejala Umumnya

Segar dan Wangi, Inilah Khasiat Daun Mint untuk Penderita Diabetes

"Sudah lama sakitnya, baru beratnya 3 hari yang lalu karena sudah menyerang jantung dan paru-paru gula nya," ucap Lucky kepada VIVA, Rabu, 2 September 2020. Lalu, apa sih sebenarnya penyakit gula? Simak artikelnya berikut ini!

Penyakit Gula

5 Penyakit yang Sering Mengintai Usai Lebaran, Jangan Terlena Makan Opor dan Kue Kering!

Perlu diketahui, penyakit gula atau istilah medisnya Diabetes melitus (DM) seperti yang diderita Idan Seapro merupakan gangguan metabolisme yang timbul akibat peningkatan kadar gula darah di atas nilai normal yang berlangsung secara kronis. Hal ini disebabkan adanya gangguan pada hormon insulin yang dihasilkan kelenjar pankreas.

Dikutip laman WebMD, Insulin berfungsi mengatur penggunaan glukosa oleh otot, lemak atau sel-sel lain di tubuh. Apabila produksi insulin berkurang, maka akan menyebabkan tingginya kadar gula dalam darah serta gangguan metabolisme karbohidrat, lemak, dan protein.

Seseorang yang didiagnosa mengidap diabetes perlu selalu mengontrol kadar gula darahnya. Jika tidak, ia berisiko tinggi mengalami komplikasi yang bisa berujung pada kematian. Lantas, apa saja komplikasi diabetes yang perlu diwaspadai?

Baca Juga: Waspada, Diabetes Mulai Menyerang di Usia 18 Tahun

Komplikasi diabetes melitus terbagi dalam dua kategori, yakni komplikasi jangka pendek (akut) dan komplikasi jangka panjang (kronis). Hipoglikemia dan ketoasidosis adalah bentuk komplikasi akut. Sedangkan komplikasi yang bersifat kronis terjadi ketika diabetes melitus sudah memengaruhi fungsi mata, jantung, ginjal, kulit, saluran pencernaan, dan saraf.

Hipoglikemia 

Hipoglikemia merupakan kondisi dimana gula darah Anda turun di bawah 70 miligram per desiliter (mg / dL). Kondisi ini dapat menyebabkan koma, hingga kematian.  

Hiperglikemi 

Hiperglikemi merupakan kondisi dimana gula darah yang melebihi 180 hingga 200 mg / dL. Kondisi ini dapat menyebabkan masalah pada jantung, saraf, ginjal, dan penglihatan.  Dalam jangka panjang, kondisi ini juga bisa menyebabkan koma dan kematian. 

Ketoasidosis diabetik 

Kondisi ini terjadi ketika tubuh Anda tidak dapat menggunakan gula sebagai alat memecah lemak untuk energi. Sehingga tubuh mengolah lemak dan menghasilkan zat keton sebagai sumber energi. Kondisi ini dapat menimbulkan penumpukan zat asam yang berbahaya di dalam darah. Kondisi ini dapat menyebabkan koma dan kematian jika tidak ditangani

Baca Juga: Perjalanan Karier Idan Separo, Dari Badut Ancol Hingga Pelawak

Penyakit jantung dan pembuluh darah 

Orang dengan diabetes lebih cenderung memiliki kondisi seperti tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi, yang merupakan faktor penyakit jantung.  Selain itu, gula darah tinggi dapat merusak pembuluh darah dan saraf yang mengontrol jantung Anda.

Tekanan darah tinggi

Diabetes menggandakan risiko tekanan darah tinggi, yang membuat Anda lebih mungkin mengalami penyakit jantung atau stroke, kerusakan saraf (neuropati diabetik).  Hal ini dapat menyebabkan kesemutan dan mati rasa, paling sering di kaki dan tungkai Anda.  Tapi diabetes juga bisa mempengaruhi sistem pencernaan, saluran kemih, pembuluh darah, dan jantung.  

Diabetes dapat menyebabkan masalah penglihatan

- Glaukoma, penumpukan tekanan di mata Anda 
- Katarak, kekeruhan lensa Anda 
- Retinopati, yang merusak pembuluh darah di mata Anda.

Penyakit ginjal 

Komplikasi penyakit gula atau diabetes melitus yang menyebabkan gangguan pada ginjal, disebut nefropati diabetik. Ginjal Anda mungkin harus bekerja lebih keras untuk menyaring gula, bersama dengan sisa makanan lainnya dalam darah Anda. Kondisi ini bisa menyebabkan gagal ginjal, bahkan bisa berujung kematian jika tidak ditangani dengan baik. 

Gangguan pendengaran

Dokter tidak yakin mengapa hal ini terjadi, tetapi menurut mereka kadar gula darah yang tinggi merusak pembuluh darah kecil di telinga Anda. 

Baca Juga: Studi Menunjukkan Ada Hubungan COVID-19 dengan Diabetes pada Anak

Diabetes dapat menyebabkan masalah kulit seperti: 

- Infeksi bakteri dan jamur  

- Gatal, penyebabnya antara lain infeksi, kulit kering, dan sirkulasi yang buruk. Biasanya ini bisa terlihat di kaki bagian bawah Anda 

-Acanthosis nigricans, area yang lebih gelap seperti beludru ini dapat muncul di leher, ketiak, selangkangan, tangan, siku, dan lutut. 

-Dermopati diabetes 

Perubahan pada pembuluh darah kecil yang terlihat seperti bercak bersisik merah atau coklat.  Biasanya dermopati ini sering muncul di kaki dan bagian depan kaki.

-Necrobiosis lipoidica diabeticorum

Kondisi langka ini juga memengaruhi pembuluh darah Anda.  Ini ditandai dengan kusam, merah, dan berakhir dengan bekas luka mengkilap dengan garis ungu.  Kondisi ini akan membuat kulit Anda bisa gatal atau pecah-pecah. Wanita lebih mungkin terkena ini daripada pria. 

- Reaksi alergi

Anda bisa mendapatkannya sebagai respons terhadap insulin atau obat diabetes lainnya. 

-Lepuh diabetes (bullosis diabeticorum)
 
Luka ini terlihat seperti luka bakar melepuh dan dapat muncul di punggung jari tangan, tangan, kaki, kaki, dan terkadang tungkai atau lengan. 

-Granuloma annulare diseminata

Umumnya kondisi akan memungkinkan Anda mendapatkan lingkaran merah, coklat, atau berwarna kulit atau area menonjol berbentuk busur di jari, telinga, atau tubuh Anda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya