Alasan Perempuan Lebih Banyak Terserang Autoimun dari Pria

Ilustrasi penyakit Autoimun
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Hingga satu dekade yang lalu, siapa pun yang memiliki masalah yang berkaitan dengan persendian, otot, atau ligamen sering pergi ke ortopedi atau dokter praktik lainnya hanya untuk direkomendasikan ke rheumatologist beberapa saat kemudian. 

Senada dengan BNPT, Guru Besar UI Sebut Perempuan, Anak dan Remaja Rentan Terpapar Radikalisme

Terkadang penundaan tersebut menyebabkan memburuknya kondisi kesehatan yang seharusnya dapat ditangani dengan lebih baik oleh dokter yang sangat terlatih untuk menangani masalah ini - ahli reumatologi. 

Uma Kumar, Sr. Rheumatologist dan Kepala Departemen Reumatologi, AIIMS berbagi bagaimana penyakit ini menimbulkan beban yang luar biasa bagi masyarakat dan terus meningkat karena faktor lingkungan, seperti dilansir dari Times of India.

Kowani Kaji Uji Materi Aturan Pembagian Harta Bersama yang Merugikan Perempuan

Baca juga: 10 Kali Lebih Menular, Mutasi Virus Corona D614G Menyebar di Indonesia

Menurut WebMD, penyakit rematik memengaruhi sendi, tendon, ligamen, tulang, dan otot Anda. Mereka juga mencakup banyak jenis artritis, istilah yang digunakan untuk kondisi yang memengaruhi persendian Anda. Terkadang mereka juga disebut sebagai penyakit muskuloskeletal. 

Gejala Asam Urat yang Wajib Diwaspadai oleh Banyak Orang, Bisa Sebabkan Masalah Serius

Sederhananya, sebagian besar penyakit rematik terjadi ketika sistem kekebalan Anda salah dan mulai menyerang jaringan Anda sendiri - ini juga biasa dikenal sebagai penyakit autoimun

Lebih banyak ke perempuan 

Jenis kelamin memainkan peran penting dalam penyakit rematik. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa gangguan autoimun lebih sering terjadi pada wanita dibandingkan pria. 

Wanita memiliki sistem kekebalan yang lebih kuat daripada pria- dan itulah alasan angka kematian anak perempuan lebih rendah daripada anak laki-laki. Ini karena sebagian besar gen terkait kekebalan terletak di kromosom X dan karena wanita memiliki dua kromosom X, sistem kekebalan mereka dianggap lebih kuat. 

Dalam skenario kasus yang ideal, tubuh kita dilarang menyerang selnya sendiri tetapi ketika rusak, mereka mulai menyerang sistem selulernya sendiri, yang menyebabkan gangguan autoimun. 

"Selain itu, hormon estrogen bersifat pro inflamasi, yang membuatnya semakin berisiko bagi wanita jika selnya menyerang sendiri," kata dokter Ruma. 

Meskipun tidak ada data konkret tentang mengapa gangguan ini menjadi umum, banyak di antaranya disebabkan oleh faktor-faktor di sekitar Anda. Tingkat infeksi telah meningkat pesat. Kasus chikungunya, demam berdarah, bakteri dan jamur terus meningkat. 

Kemudian polusi udara, merokok, stres, paparan bahan kimia beracun dan pestisida melalui makanan yang kita makan juga menyebabkan peningkatan gangguan rematik. Terkadang kejadiannya juga bersifat genetik.

Dr Kumar merasa bahwa pendekatan kita yang terlalu berhati-hati terhadap kebersihan juga harus disalahkan! “Sebagai seorang anak saya ingat berjalan dan bermain tanpa alas kaki. Tetapi hari ini para orang tua memastikan bahwa anak-anak mereka menjaga tingkat kebersihan tertinggi saat bermain sehingga anak-anak ini tidak terpapar bakteri baik dan jahat. Anak-anak seperti itu, ketika mereka tumbuh, memiliki kecenderungan lebih tinggi terkena infeksi bakteri. "

Ada dua jenis penyakit rematik - spesifik organ dan sistemik (melibatkan banyak organ). Osteoartritis, rheumatoid arthritis, spondyloarthropathies, lupus, gout, penyakit celiac, multiple sclerosis adalah beberapa penyakitnya.

Gejala yang sering terlewat

Seperti kebanyakan kondisi medis, beberapa kondisi reumatologi merayap dengan diam-diam - terkadang kondisi ini sering diabaikan atau disalahpahami. 

"Kadang-kadang demam berkepanjangan disalahartikan sebagai TB, atau orang cenderung mengabaikan rasa sakit dan bengkak di sekitar persendian, ulkus mulut dan kelamin, rambut rontok yang berlebihan, kekeringan pada mata dan mulut, di antara yang lainnya."

Ketika COVID-19 menyerang, Dr Kumar sangat mengkhawatirkan pasiennya. Namun, dia senang melihat COVID tidak memengaruhi pasiennya seperti yang dia takuti. 

“Beberapa pasien yang dites positif COVID sembuh dengan mudah.” Dia merasa itu mungkin juga karena obat yang mereka konsumsi - seperti hydroxychloroquine.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya