Satu Tersangka di Kuningan Idap HIV, Kenali Cara Penularannya

Ilustrasi HIV.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Pesta di salah satu apartemen di Kuningan, Jakarta Selatan kembali menggegerkan masyarakat. Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Yusri Yunus, menjelaskan bahwa satu dari sembilan orang tersangka kasus pesta seks tersebut, positif mengidap virus HIV.

Geger, Skandal Pesta Seks Tentara Rusia di Kuburan Jenderal Terbongkar

Tak dipungkiri bahwa penyakit HIV dapat menular melalui hubungan seks, baik itu oral dan anal. Penularan HIV bisa semakin meluas, terlebih jika tanpa pemakaian kondom saat melakukan adegan cabul itu.

Perlu dipahami, HIV dan AIDS adalah dua kondisi berbeda. Pengidap HIV membutuhkan beberapa tahapan untuk akhirnya terserang AIDS. Lantas, bagaimana tahapan penularan penyakit HIV tersebut? Berikut rangkumannya dari laman AVERT.

Beri Proteksi Cegah HIV hingga Kehamilan Tak Diinginkan, Begini Cara Pakai Kondom yang Benar

Baca juga: 10 Kali Lebih Menular, Mutasi Virus Corona D614G Menyebar di Indonesia

Stadium 1: Infeksi primer akut

Bantah Tudingan Venny Alberti Tularkan Penyakit Kelamin, Akash Elahi: Saya Siap Tes HIV Lagi

Gejala awal HIV bisa terasa seperti sedang flu. Sekitar satu hingga empat minggu setelah tertular HIV, Anda mungkin mulai mengalami gejala mirip flu ini. Ini biasanya tidak berlangsung lama (satu atau dua minggu). Anda mungkin hanya mendapatkan beberapa gejala dan beberapa orang tidak memiliki gejala sama sekali.

Gejalanya bisa meliputi:

Demam (suhu tinggi), ruam, sakit tenggorokan, kelenjar bengkak, sakit kepala, sakit sendi, nyeri perut dan otot.

Gejala ini terjadi karena tubuh Anda bereaksi terhadap virus HIV. Sel yang terinfeksi HIV beredar di seluruh sistem darah Anda. Lalu sistem kekebalan Anda mencoba menyerang virus dengan memproduksi antibodi HIV - proses ini disebut serokonversi. Waktunya bervariasi tetapi sekali Anda mengidap HIV, tubuh Anda memerlukan waktu hingga beberapa bulan untuk menjalani proses serokonversi.

Baca juga: Kondom Gerigi Hingga Pelumas Manjakani Bikin Pasangan Menjerit Nikmat

Tahap 2: Tahap tanpa gejala

Setelah seseorang melalui tahap infeksi primer akut dan proses serokonversi, mereka seringkali mulai merasa lebih baik. Faktanya, HIV mungkin tidak menyebabkan gejala lain hingga 10 atau bahkan 15 tahun (tergantung pada usia, latar belakang dan kesehatan umum).

Namun, virus tetap aktif, menginfeksi sel baru dan menggandakan dirinya sendiri. HIV masih bisa ditularkan selama tahap ini. Jika tidak ditangani, lama kelamaan infeksi HIV akan menyebabkan kerusakan parah pada sistem kekebalan tubuh.

Tahap 3: Infeksi HIV bergejala

Pada tahap ketiga infeksi HIV, sistem kekebalan seseorang rusak parah. Pada titik ini, mereka lebih mungkin terkena infeksi atau penyakit serius yang dapat disembuhkan oleh tubuh. Infeksi ini dikenal sebagai 'infeksi oportunistik'.

Gejalanya bisa meliputi:

Penurunan berat badan, diare kronis, berkeringat di malam hari, demam, batuk terus menerus, masalah kulit dan mulut infeksi biasa penyakit serius atau penyakit. 

Baca juga: Jangan Percaya, Sakit Kepala Hingga Leher Kaku Bukan Gejala Hipertensi

Apa itu AIDS?

Jika seseorang mengembangkan infeksi atau penyakit oportunistik serius tertentu, sebagai akibat dari kerusakan sistem kekebalan mereka dari infeksi HIV stadium 3 lanjut maka mereka dikatakan mengidap AIDS.

Jika Anda mengidap HIV lanjut (dengan gejala terdefinisi AIDS), penting untuk mendapatkan perawatan yang tepat sesegera mungkin. Dengan pengobatan seseorang dapat pulih dari infeksi dan penyakit terkait AIDS, dan mengendalikan HIV.

Semakin awal Anda didiagnosis dengan HIV dan memulai pengobatan, semakin baik kesehatan Anda. Anda dapat menghindari infeksi oportunistik dan HIV stadium 3, dengan mematuhi pengobatan antiretroviral dan menjaga kesehatan Anda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya