#TanyaDokter: Tes Pranikah yang Wajib Dilakukan Sebelum Naik Pelaminan

RSPI - dr. Putri Deva Karimah, Sp.OG
Sumber :
  • Dokumentasi RSPI

VIVA –  Jelang pernikahan, biasanya wanita sibuk mempersiapkan pesta hingga pernak pernik yang bakal digunakan untuk acara bahagia. Tapi ada yang nggak kalah penting juga, yakni baik wanita maupun pria wajib melakukan cek kesehatan pranikah.

Makan Daging Merah Bantu Tambah Kesuburan Pasangan?

Baca Juga: Mau Nikah Kayak Syahrini? Periksa Kesehatan Pranikah Dulu

Menurut Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan RS Pondok Indah – Pondok Indah, dr. Putri Deva Karimah, Sp.OG, penting untuk wanita melakukan pemeriksaan sebelum menikah. Hal ini perlu dilakukan untuk mengetahui tingkat kesuburan wanita. Biasanya akan dilakukan cek rahim, ovarium, dan tuba. Sehingga jika ada masalah dapat ditangani atau dikonsultasikan sebelum pernikahan. 

Hari ke-3 Pesta Pranikah Anant Ambani-Radhika, Putra Bungsu Pengusaha Terkaya India

Namun, bukan cuma wanita yang perlu melakukan pemeriksaan pra nikah. Pria juga penting melakukan cek kesehatan untuk mengetahui tingkat kesuburan dan kualitas dari spermanya. 

Lewat rubrik #TanyaDokter di kanal Lifestyle VIVA.co.id, ada yang menanyakan pemeriksaan kesehatan pranikah apa saja yang perlu dilakukan perempuan?

Profil Mukesh Ambani, Crazy Rich India Undang Banyak Pesohor di Pernikahan Anak

Seperti apa penjelasan lengkapnya? Simak penjelasan Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan RS Pondok Indah – Pondok Indah dr. Putri Deva Karimah, Sp.OG berikut ini.

Ilustrasi sperma.

10 Pengobatan Rumahan Alami dan Efektif untuk Meningkatkan Jumlah Sperma Pria

Menurut WHO, konsentrasi normal sperma pada pria minimal 20 juta per ml air mani. Kurang dari 15 juta sperma perl ml dianggap sebagai jumlah sperma rendah oligozoospermia

img_title
VIVA.co.id
20 Maret 2024