3 Tips Pakai Tabir Surya, Jaga Kulit Sehat Saat Bersepeda

Bersepeda
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Gowes atau bersepeda saat ini masih menjadi kegemaran banyak orang di Indonesia, khususnya usia produktif. Perlu diingat, bersepeda merupakan salah satu jenis olahraga luar ruangan yang bisa mengganggu kesehatan kulit jika tak dirawat dengan tepat.

Kisah Inspiratif Yunna Mercier, di Balik Brand Skincare Lokal

Sinar matahari biasanya telah terasa sejak pukul 7 pagi hingga 5 sore. Sehingga, baik gowes saat pagi maupun sore hari, kulit bisa menerima dampak yang berbahaya.

"Paparan UV A yang terlalu banyak dapat menyebabkan aging atau penuaan. Kalau sinar UV B dapat membuat kulit menjadi terbakar atau burn. Bahkan, jika berolahraga di dalam ruangan, sinar UV A dan UV B pun tetap bisa menembus masuk dan menyebabkan kerusakan kulit. Efek terburuk dalam hal ini adalah muncul keriput dengan lekukan yang dalam, bahkan menimbulkan kanker kulit," ujar dokter spesialis kulit, dr. Inneke Jane Sp.KK, dalam acara daring Nivea Sun Skinversation, beberapa waktu lalu.

Wajib Tahu! 5 Kandungan Skincare yang Aman Buat Semua Jenis Kulit

Baca juga: Kematian Akibat Kanker Payudara Dapat Dicegah dengan Menyusui

Untuk mencegahnya, tentu perawatan kulit sangat dianjurkan. Salah satu yang paling mudah dan praktis adalah memakai sunscreen atau tabir surya. Namun, memakainya tak bisa asal dan sembarangan. Berikut 3 aturan memakai tabir surya saat berolahraga di luar ruangan.

Merawat kulit dari Bahan Vegan

SPF 50

Dokter Inneke menyarankan memilih jenis tabir surya dengan kandungan SPF 50++ jika berolahraga di luar ruangan dan dalam waktu lama. Sementara, jika berolahraga dengan waktu hanya sekitar 30 menit, bisa menggunakan sunscreen dengan kadar di bawahnya yaitu SPF 30++.

"Misalnya, ketika ingin bersepeda, itu kan memakan waktu yang lama dan harus dilakukan di luar ruangan. Jadi, usahakan untuk menggunakan sunscreen dengan SPF 50++," kata dr. Inneke.

Selain itu, perhatikan kandungan yang ada di dalam suncreen, seperti kandungan yang berfungsi untuk wajah atau kulit berminyak. Salah satu produk sunscreen yang bisa digunakan adalah Nivea Sun Face Protection Serum SPF 50+ Pa +++ - Oil Control.

20 menit

Minimal 20-30 menit sebelum olahraga, sebaiknya memakai tabir surya. Hal ini bertujuan untuk mengurangi risiko munculnya rasa lengket akibat keringat yang muncul di kulit.

"Kalau kita ingin olahraga outdoor, sangat penting menggunakan sunscreen minimal 20 sampai 30 menit sebelum berolahraga," ujarnya.

2 ruas jari

Memakai tabir surya harus sesuai dengan kebutuhan sehingga takaran yang tepat sangat dianjurkan. Dokter Inneke menyarankan agar pemakaian sunscreen sebanyak dua ruas jari pada wajah.

"Pemakaian yang tepat sunscreen untuk wajah harus dua ruas jari. Sedangkan, untuk seluruh badan berkisar 30 cc atau setara dengan dua sendok makan jika sunscreen yang digunakan berbentuk cair," tuturnya.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya