3 Fakta Olahraga Ampuh Redakan Stres, Bikin Semangat Bergerak!

Ilustrasi berolahraga/olahraga/berkeringat.
Sumber :
  • Freepik/senivpetro

VIVA – Olahraga dalam hampir semua jenis dapat bermanfaat baik sebagai pereda stres. Menjadi aktif dapat meningkatkan endorfin sehingga membuat suasana hati membaik bahkan mengalihkan dari rasa khawatir.

Garmin Run 2024 Fasilitasi Peserta Disabilitas

Hampir semua jenis olahraga, dari aerobik hingga yoga, dapat menjadi pereda stres. Jika Anda bukan seorang atlet atau bahkan bukan penggila olahraga, Anda masih dapat melakukan olahraga yang minimal untuk membantu manajemen stres.

Baca Juga: Hari Olahraga Nasional, Ini 5 Tips Olahraga Aman di Tengah Pandemi

5 Dampak Negatif Terlalu Dekat dengan Rekan Kerja, Bisa Kurangi Profesionalisme

Olahraga meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan dan perasaan sejahtera Anda, yang memberi lebih banyak semangat dalam langkah Anda setiap hari. Tetapi olahraga juga memiliki beberapa manfaat langsung untuk menghilangkan stres.

Lantas, apa kaitan antara olahraga dan stres, ya? Di Hari Olahraga Nasional atau HAORNAS ini, simak fakta kaitan antara olahraga dan stres berikut, dikutip dari laman Mayo Clinic, Rabu, 9 September 2020.

Terpopuler: Negara Tanpa Malam hingga Olahraga Ringan Setelah Lebaran

Ilustrasi berolahraga/olahraga/berkeringat.

1. Memacu endorfin

Aktivitas fisik dapat membantu meningkatkan produksi neurotransmiter sehingga memberi perasaan nyaman di otak, yang disebut hormon endorfin. Meskipun fungsi ini sering disebut sebagai runner's high, namun aktivitas aerobik apa pun, seperti tenis atau hiking, dapat menyebabkan perasaan yang sama ini.

Hal ini mengurangi efek negatif stres. Olahraga dapat meredakan stres bagi tubuh Anda sambil meniru efek stres, seperti respons lari atau melawan, dan membantu tubuh Anda dan sistemnya berlatih bekerja sama melalui efek tersebut.

Hal ini juga dapat menyebabkan efek positif dalam tubuh Anda, termasuk sistem kardiovaskular, pencernaan, dan kekebalan Anda, dengan membantu melindungi tubuh Anda dari efek stres yang berbahaya.

2. Meditasi bergerak

Setelah permainan raket yang cepat, berjalan-jalan atau lari, atau beberapa putaran di kolam renang, Anda mungkin tak sadar tengah melupakan masalah di hari itu dan hanya berkonsentrasi pada gerakan tubuh.

Ketika Anda mulai secara teratur melepaskan ketegangan melalui gerakan dan aktivitas fisik, Anda mungkin menemukan bahwa fokus pada satu tugas ini, dan energi serta optimisme yang dihasilkan, dapat membantu berpikir tetap tenang, jernih dan fokus dalam segala hal yang Anda lakukan.

 3. Tingkatkan mood

Olahraga teratur dapat meningkatkan kepercayaan diri, memperbaiki suasana hati, membantu tubuh rileks, dan menurunkan gejala depresi serta kecemasan ringan. Olahraga juga dapat meningkatkan kualitas tidur Anda, yang sering kali terganggu oleh stres, depresi, dan kecemasan.

Semua manfaat olahraga ini dapat meredakan tingkat stres dan memberi Anda rasa kendali atas tubuh dan hidup.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya