Pentingnya Asupan Gizi, Bisa Jadi Pondasi Atlet Berprestasi

Gede Siman Sudartawa
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Di masa pandemi virus corona ini, dan di tengah diberlakukannya kembali Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB di DKI Jakarta, warga masyarakat harus memastikan kondisinya selalu fit dan bugar. 
Tak terkecuali para atlet nasional di Tanah Air.

Viral! Perempuan 9 Tahun Mampu Angkat Besi 75 Kg

Masih bertepatan dengan Hari Olahraga Nasional yang jatuh pada 9 September 2020, momen ini bisa dijadikan ajang refleksitas dari pembinaan atlet-atlet Indonesia di masa yang sebelumnya. Salah satu yang dilakukan adalah meningkatkan gizi para atlet.

Ahli gizi professional di bidang olahraga (Sport Nutritionist), Emilia Achmadi juga mengungkapkan asupan gizi menjadi hal mendasar yang harus diperhatikan dalam menopang prestasi para atlet di dunia olahraga internasional. Menurut Emilia Achmadi, nutrisi menjadi bagian fundamental yang wajib diperhatikan.

17 Atlet Indonesia Pastikan Tiket ke Olimpiade 2024, Berikut Daftarnya

“Untuk pembentukan dan kekuatan otot, fokus ditujukan pada jenis dan kuantitas karbohidrat serta protein. Untuk daya tahan tubuh, fokus akan tertuju pada protein dan mikronutrisi seperti vitamin C dan seng. Namun, semua komponen nutrisi penting untuk physical development dan peak performance seorang atlet,” ungkap Emilia lewat rilis yang diterima VIVA.

Baca Juga: Menelusuri Asupan Gizi Raja Renang Indonesia Siman Sudartawa

Ford Bronco: Dari Populer Menjadi Mobil Paling Dibenci

“Semua negara maju yang mendominasi di dunia olahraga dan atlet professional yang menguasai podium internasional menerapkan program nutrisi tidak hanya pada masa karir mereka sebagai atlet elit professional, tetapi juga pada saat mereka memulai karir sebagai atlet junior,” lanjutnya.

Dirinya juga tak menampik bahwa cita rasa menjadi salah satu faktor penting untuk membuat makanan yang sesuai dengan kebutuhan atlet. “Cita rasa menjadi salah satu faktor penting untuk seorang atlet mengingat jumlah kalori yang harus dikonsumsi setiap harinya,” ucap Emili.

“Ada 5 rasa dasar yang dapat dideteksi oleh lidah manusia, manis, pahit, asam, asin, umami. Semua rasa ini kita dapati dengan menggunakan bumbu seperti gula, garam, MSG, merica, dll. Saya rasa dengan penggunaan bumbu umami secukupnya, maka ini menjadi salah satu faktor penting dalam makanan yang dibutuhkan seorang atlet,” tambahnya.

Seperti diketahui, Menteri Pemuda & Olahraga (Menpora RI) Zainudin Amali sebelumnya telah menetapkan bahwa tema besar Hari Olahraga Nasional 2020 adalah Sport Science, dan dirinya berharap banyak pihak dapat menggunakan Sport Science sebagai bagian penting dari pembinaan atlet di berbagai cabang olahraga.

Untuk mendukung hal ini, produsen bumbu masak terkemuka, PT Ajinomoto Indonesia, juga menerapkan sport science dalam program unggulannya, Winning Meals Kachimeshi, guna meningkatkan prestasi atlet di Indonesia.

Di Indonesia, program Winning Meals Kachimeshi bertujuan untuk mewujudkan kinerja yang lebih baik dari atlet nasional agar dapat berbicara banyak dan menjadi juara di kancah Internasional. Program ini meliputi support pemberian menu makanan dan nutrisi yang disesuaikan dengan kebutuhan dari atlet tersebut, dan juga disesuaikan dengan porsi latihan yang dijalani, mulai dari kebutuhan karbohidrat, protein, lemak, dan lainnya. 

I Gede Siman Sudartawa ikut program Winning Meals Kachimeshi

Program ini pun dijalankan secara konsisten untuk membentuk performa atlet agar selalu dalam level tertinggi.

Ajinomoto Indonesia sejak 2017 mendukung atlet renang nasional I Gede Siman Sudartawa dengan program Winning Meals Kachimeshi. Dirinya dibantu dan dimonitor oleh pelatih Albert Sutanto dan ahli gizi professional di bidang olahraga (Sport Nutritionist), Emilia Achmadi.

Baru-baru ini Ajinomoto Indonesia juga sudah meluncurkan sebuah website inspiratif bernama
( https://kachimeshi-indonesia.com/ ). Website ini dibuat dengan desain modern sehingga mudah dan menarik untuk ditelusuri bagi pembaca. Anda semua dapat mengakses beragam artikel inspiratif tentang perjuangan Siman dalam meraih juara dan diharapkan dapat menambah wawasan pembaca dan keluarga seputar gaya hidup seimbang bernutrisi yang juga aktif dan bahagia.

“Kami dengan bangga menceritakan kisah Winning Meals melalui website Kachimeshi Indonesia yang dapat memperkenalkan program ini lebih dalam lagi serta memberikan pengetahuan kepada masyarakat luas perihal gaya hidup nutrisi seimbang,” ujar Mr. Ichiro Sakakura, Presiden Direktur PT Ajinomoto Indonesia. 
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya