Kandungan Cokelat Ini Efektif Normalkan Tekanan Darah Tinggi

Ilustrasi cokelat.
Sumber :
  • Pexels

VIVA – Bertambahnya usia yang diikuti dengan gaya hidup tak sehat membuat tubuh rentan terserang berbagai penyakit. Daya tahan tubuh optimal jadi hal utama yang diperhatikan, terlebih di masa pandemi ini. Lantas, apa saja yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh?

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

Dokter spesialis gizi klinik, dr. Diana Suganda, M.Kes, Sp.GK, menerangkan penerapan pola hidup sehat dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Salah satunya dengan konsumsi makanan yang memiliki kandungan tinggi flavanol.

"Flavanol adalah senyawa antioksidan dan salah satu kandungan tertingginya terdapat di biji cokelat, yaitu cocoa flavanol. Kandungan flavanol pada cocoa dapat meningkatkan elastisitas pembuluh darah, sehingga mengurangi beban kerja jantung," ujarnya saat peluncuran Cocoa X’Tend, lewat rilis yang diterima VIVA, Jumat 11 September 2020.

Segar dan Wangi, Inilah Khasiat Daun Mint untuk Penderita Diabetes

Baca juga: Studi: Menghirup Aroma Cokelat Bisa Membantu Berhenti Merokok

Menurut penelitian yang dilakukan oleh American Heart Association, golongan usia di atas 30 tahun rentan terkena risiko penyakit stroke dan serangan jantung, yang umumnya diawali dari hipertensi atau tekanan darah tinggi.

5 Penyakit yang Sering Mengintai Usai Lebaran, Jangan Terlena Makan Opor dan Kue Kering!

Sebagai makanan pendukung yang memiliki banyak fungsi bagi kesehatan tubuh. Beberapa jurnal dan studi global telah mengulas manfaat flavanol dalam cocoa terhadap berbagai penyakit, salah satunya meringankan beban kerja jantung.

"Peredaran darah sehat sangat bergantung dari pembuluh darah elastis yang bisa didapatkan dengan konsumsi rutin cocoa flavanol minimal 200mg/hari. Cocoa flavanol dapat memperbaiki pembuluh darah yang tidak elastis, sehingga meringankan beban kerja jantung dan meningkatkan fungsi jantung," lanjut Diana. 

Fungsi lainnya, konsumsi jangka panjang 900 mg atau lebih cocoa flavanol per hari, dapat membantu menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi. Antioksidan dalam cocoa flavanol, juga dapat merangsang produksi nitrat oksida dalam tubuh yang berperan dalam meningkatkan elastisitas pembuluh darah dan membuat tekanan darah menjadi normal.

Melansir laman MDPI, kandungan flavanol dalam cocoa bahkan dapat membantu penderita diabetes tipe-2 meningkatkan sensitivitas insulin dan membantu mengurangi kandungan gula dalam darah. Efek jangka panjangnya, akan membuat kulit lebih cerah dan sehat.

Juliana Wijaya, Founder Cocoa X’tend Indonesia, menyarankan untuk mendapatkan manfaat dari flavanol, salah satunya bisa didapatkan dari konsumsi cocoa powder atau bubuk cokelat, namun yang tanpa gula sehingga aman juga bagi penderita diabetes.

Baca juga: Makan Pizza dan Cokelat Gak Selalu Bikin Gemuk Lho

"Bisa dinikmati dengan air hangat maupun dingin untuk dibuat minuman. Sebaiknya tidak diseduh dengan air panas di atas 80 derajat Celsius, karena kadar flavanol-nya akan berkurang," kata Juliana Wijaya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya