Selain Murah, Buah Pisang Bisa Atasi GERD

Ilustrasi pisang
Sumber :
  • Pixabay/Security

VIVA – Selain lezat, pisang adalah buah sejuta umat. Buah satu ini memiliki harga yang murah dan mudah didapatkan di mana-mana. Enggak heran, kalau pisang jadi buah favorit banyak orang.

5 Benefits of Fasting for People with GERD

Tapi, meski harganya murah, manfaat pisang tidak bisa dianggap remeh. Diketahui, pisang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan dan kecantikan.

Baca Juga: Waspada, Penderita Ginjal dan Diabetes Tak Boleh Konsumsi Pisang

Ini 5 Manfaat Puasa untuk Penderita GERD

Mengonsumsi pisang secara teratur, dapat memperlancar metabolisme, meningkatkan kekebalan tubuh, membantu mengatasi hipertensi, melancarkan aliran oksigen ke otak, menurunkan berat badan dan bisa dimanfaatkan untuk merawat kulit.

Tapi, ada satu lagi manfaat pisang yang tidak bisa diabaikan. Konon, buah pisang baik dikonsumsi saat asam lambung meningkat. Mitos atau fakta ya? Spesialis gizi klinik, dr Feni Nugraha, M.Gizi, Sp.GK, akan memberikan penjelasannya.

Dear Penderita Maag, 5 Tips Ini Bermanfaat Untukmu

"Fakta. Pisang merupakan salah satu buah dengan tingkat keasaman yang rendah atau bersifat basa, sehingga baik sekali dikonsumsi pada penderita GERD," ujarnya dalam tayangan Hidup Sehat Plus di tvOne, Jumat, 11 September 2020.

Lebih lanjut, dokter Feni menjelaskan, buah pisang sendiri dapat membantu lapisan permukaan kerongkongan yang teriritasi oleh asam lambung.

"Selain itu, pisang juga tinggi kandungan serat sehingga bermanfaat untuk saluran cerna. Konsumsi serat pada penderita GERD, sangat baik sekali," kata dia.

Menurut Feni, serat dapat membantu untuk mengurangi atau menurunkan episode refluks atau aliran dari asam lambung ke kerongkongan. Selain itu, serat juga dapat memperbaiki gejala GERD, seperti dapat menurunkan gejala sensasi terbakar yang ada pada GERD.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya