#TanyaDokter: Mendadak Keringat Dingin dan Pusing, Tanda Sakit Apa?

RSPI - dr. Hastomo Prabowo
Sumber :
  • Dokumentasi RSPI

VIVA – Pernah punya pengalaman mendadak keluar keringat dingin dan pusing, serta tubuh terasa limbung? Kira-kira ini tanda-tanda penyakit apa ya? 

Sering Mabuk Perjalanan? Ini Cara Mengatasinya Ketika Mudik Lebaran

Salah seorang pembaca VIVA menuliskan pertanyaan tersebut lewat rubrik #TanyaDokter edisi bulan September 2020. 

Mengenai hal ini,  dr. Hastomo Prabowo, dokter umum RS Pondok Indah – Pondok Indah menjelaskan bahwa ada banyak hal yang bisa menyebabkan timbulnya keringat dingin dan pusing tiba-tiba. 

Waspada, Tanda-tanda Ini Ternyata Gejala Awal Penyakit Glaukoma

Baca Juga: #TanyaDokter: Vagina Bau Tak Sedap, Apa Penyebabnya?

"Itu adalah gejala yang umum, sangat tidak khas pada gejala penyakit tertentu. Penyebabnya banyak sekali, itu bisa aja dari gula darah yang turun tiba-tiba, tekanan darah sampai ke otak, misal habis duduk tiba-tiba berdiri, itu kan suka ada episode gelapnya satu dua detik, keadaan dimana asupan darah ke otak berkurang karena duduk atau jongkok terlalu lama," katanya. 

Dokter Zaidul Akbar Ungkap Cara Atasi Pusing Saat Puasa

Tapi tak cuma itu, ada banyak lagi faktor lain yang bisa menyebabkan gejal-gejala sepeti tadi. Namun tidak mungkin menetapkan suatu penyakit tanpa pemeriksaan penunjang lebih lanjut. 

Simak penjelasan dr. Hastomo lebih lengkapnya lewat video berikut ini. 

Buat kamu yang ingin ikutan bertanya mengenai keluhan kesehatan, juga bisa ikutan menuliskan pertanyaan lewat akun Instagram VIVA.co.id. Kamu hanya tinggal menisi kolom pertanyaan #TanyaDokter yang akan muncul tiap satu bulan dua kali. 

Yuk, tanyakan tentang kesehatanmu, biar dokter yang menjawab!

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya